Breaking News:

Berita Manggarai

14 Pejabat Ikut Pemetaan Eselon II, Bupati Hery Tegaskan Mutasi Bukan Unsur Politis

Pemerintah Kabupaten Manggarai ( Pemkab Manggarai) melakukan pemetaan terhadap para Pejabat Eselon II

Penulis: Robert Ropo | Editor: Kanis Jehola
POS-KUPANG.COM/ROBERT ROPO
Kegiatan Pembukaan Pemetaan Pejabat Eselon II Tingkat Kabupaten Manggarai 

Laporan Reporter POS-KUPANG.COM, Robert Ropo

POS-KUPANG.COM, RUTENG - Pemerintah Kabupaten Manggarai ( Pemkab Manggarai) melakukan pemetaan terhadap para Pejabat Eselon II. 

Kegiatan itu dibuka langsung oleh Bupati Manggarai, Herybertus G L Nabit, SE.,MA. Kegiatan itu berlangsung di Aula Ranaka Lantai 3 Kantor Bupati Manggarai, Kamis (12/8/2021). 

Bupati Hery usai kegiatan pembukaan tersebut kepada POS KUPANG.COM, menjelaskan, berdasarkan aturannya  mensyaratkan mutasi baru boleh dilaksanakan 6 bulan setelah Pilkada. Karena itu, pihaknya mulai mempersiapkanya dengan diawali pemetaan bagi eselon II. 

Pemetaan itu dilakukan bagi pejabat yang sudah memenuhi jabatan pimpinan tinggi Pratama atau sudah menduduki jabatan eselon II sebelumnya. Usai pemetaan juga akan juga dilakukan pelelangan bagi jabatan Eselon II.

Baca juga: Pemkab Manggarai Barat Akan Tanam Terumbu Karang Seluas 750 Hektare 

Dikatakan Bupati Hery, mutasi itu bagian dari ketentuan dengan tujuan untuk memberikan manfaat bukan hanya dari OPD itu, tetapi juga bagi pribadinya pejabat itu sendiri seperti pengalaman baru, belajar hal baru dan sebagainya.

Bupati Hery juga menegaskan, mutasi dilakukan nantinya bukan karena ada motif-motif politik. Namun pihaknya akan berusaha menempatkan pejabat Eselon II sesuai kemampuan kompetisi yang dimiliki sehingga menjawab  harapan bersama dengan menyusaikan target-target yang dicapai pada 5 tahun yang akan datang.

"Sebab kalau ada motif politis ya sekalian saja non job, tetapi ini tidak menggunakan jalan itu. Saya juga tadi tegaskan tolong jangan dilihat kesitu, kita lihat kebutuhan organisasi pada masa-masa ini maupun pada masa-masa yang akan datang,"tegasnya.

Bupati Hery juga menyoroti terkait pemerintahan yang bertanggungjawab baik kedalam atau keluar organisasi. Bertanggungjawab ke bawa maupun bertanggungjawab ke atas pimpinan.

Baca juga: Pemkab Manggarai Barat Genjot Vaksinasi Covid-19

Sekda Manggarai, Drs Jahang Fansi Aldus, menjelaskan, pemetaan Jabatan Eselon II diikuti oleh 14 pejabat Pimpinan Tinggi Pratama. Kegiatan Pemetaan Esolon II itu akan dilakukan selama 2 hari dari tanggal 12-13 Agustus 2021.

Sekda Fansi juga menjelaskan, sebanyak 5 orang Panitia Seleksi (Pansel) dalam Pemetaan Pejabat Eselon II itu. Ke-5 Pansel itu yakni, Sekda Manggarai selaku Ketua Pansel, tiga orang dari Eksternal yakni 1 orang Tokoh Masyarakat (mantan Birokrat), 2 orang dari Akademisi dan 1 orang dari pejabat eselon II B yakni Yustina Ngidu Kepala BKPSDM Kabupaten Manggarai Timur. 

"Jadi hari ini peserta memaparkan materi berupa makala capaian kinerja mereka di jabatan mereka masing-masing sekarang. Besok peserta akan mengikuti ujian Test tertulis dan terakhir adalah wawancara akhir terkait dengan dimensi motivasi, Perilaku, karakter dan lainya yang diuji oleh Panitia Seleksi (Pansel) dan masing-masing Pansel akan memberikan nilai dengan dibuatkan akulasi dan urutan nilai-nilai itu,"jelas Sekda Fansi.

Sekda Fansi juga mengatakan, pemetaan pejabat Eselon II ini pada intinya untuk peningkatan kinerja bagi Pejabat Pimpinan Tinggi Pratama itu sendiri.

"setelah pemetaan ini selesai kita usul ke KASN untuk lapor seluruh perkembangan pelaksanaan ini dan kita minta rekomendasi KASN untuk melakukan pelantikan, jika KASN sudah memberikan rekomendasi maka Bupati Manggarai akan segera melakukan pelantikan. Diharapkan dalam waktu dekat ini sudah bisa dilakukan pelantikan,"jelas Sekda Fansi. (*)

Berita Kabupaten Manggarai Lainnya

Sumber: Pos Kupang
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved