Breaking News:

Jelang Kunjungan Menteri Pertanian, Pemkab Belu Genjot Lahan Food Estate

Pemerintah Kabupaten Belu ( Pemkab Belu) melalui Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan menggenjot pengolahan lahan Food Estate

Penulis: Teni Jenahas | Editor: Kanis Jehola
POS-KUPANG.COM/TENI JENAHAS
TINJAU LOKASI--Bupati Belu, dr. Agustinus Taolin, Sp. PD bersama Kepala Dinas Pertanian Kabupaten Belu, Gerardus Mbulu meninjau lokasi food estate, di Desa Fatuketi, Kecamatan Kakuluk Mesak, Rabu 4 Agustus 2021. 

Laporan Reporter POS-KUPANG.COM, Teni Jenahas

POS-KUPANG.COM, ATAMBUA - Pemerintah Kabupaten Belu ( Pemkab Belu) melalui Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan menggenjot pengolahan lahan Food Estate yang berlokasi di Dusun Rotoklot, Desa Fatuketi, Kecamatan Kakuluk Mesak.

Sesuai rencana, Menteri Pertanian akan berkunjung ke lokasi tersebut dan melakukan penanaman jagung secara simbolis.

Dalam rangka itu, Bupati Belu, dr. Agustinus Taolin, Sp. PD bersama Kepala Dinas Pertanian Kabupaten Belu, Gerardus Mbulu meninjau lokasi food estate, Rabu 4 Agustus 2021. Hadir juga pejabat dari Balai Wilayah Sungai Satper, pejabat TNI dan Polri.

Dihadapan masyarakat petani, Bupati Agus Taolin menyampaikan, Menteri Pertanian akan berkunjung ke Kabupaten Belu untuk meninjau lokasi food estate sekaligus dengan penanaman jagung secara simbolis.

Baca juga: Umbu Ratu Nggay Zona Baru Food Estate

"Kedatangan kami ke tempat ini dalam rangka meninjau dan melihat secara langsung persiapan lokasi Food Estate menjelang kunjungan Menteri Pertanian yang akan melakukan penanaman simbolis di areal ini, sekaligus persiapan dalam rangka kunjungan Presiden Republik Indonesia ke Provinsi Nusa Tenggara Timur untuk meninjau lokasi Food Estate dan Kabupaten Belu juga akan dikunjungi oleh Presiden", kata Bupati Belu.

Kepala Dinas Pertanian Kabupaten Belu, Gerardus Mbulu, SE menyampaikan, lahan yang akan diolah untuk program food estate di Desa Fatuketi seluas 53 hektare. Yang sudah selesai diolah seluas 17 hektare dan akan terus dikerjakan hingga selesai.

Menurut Gerardus, sejauh ini, pelaksanaan olah lahan tidak ada kendala berarti. Dinas mengerahkan 19 unit traktor untuk pembukaan lahan seluas 53 haktare.

"Kalau tidak ada halangan, pengolahan lahan 53 hektare ini akan segera selesai", kata Kadis Gerardus.

Baca juga: Gubernur NTT Vicktor Laiskodat Tinjau Food Estate Rotiklot dan Pelabuhan Rotiklot

Kepala Desa Fatuketi, Markus Taus menyampaikan terima kasih kepada pemerintah yang sudah memberi perhatian khusus kepada masyarakat Desa Fatuketi lewat program food estate.

Menurut Markus, kelompok tani yang terlibat dalam program tersebut sebanyak tujuh kelompok dengan anggota berjumlah 64 orang. Kelompok tani ini akan mengembangkan tanaman pertanian di lahan seluar 53 hektare tersebut. (*)

Berita Kabupaten Belu Lainnya

Sumber: Pos Kupang
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved