Breaking News:

Berita Kota Kupang

Wali Kota Kupang Tegaskan Pelaku Perjalanan Wajib Bebas Covid-19

Antigen yang dikeluarkan maksimal sehari terakhir atau Hasil Negatif Rapid Test PCR yang dikeluarkan maksimal dua hari sebelumnya.

Editor: Rosalina Woso
Wali Kota Kupang Tegaskan Pelaku Perjalanan Wajib Bebas Covid-19
Pemkot Kupang
Capture instruksi wali Kota Kupang. 

Wali Kota Kupang Tegaskan Pelaku Perjalanan Wajib Bebas Covid-19

Laporan reporter POS-KUPANG.COM, Irfan Hoi

POS-KUPANG.COM, KUPANG - Wali Kota Kupang, Jefri Riwu Kore melalui instruksi Wali Kota nomor: 050/HK.443.1/V111/2021 tentang perpanjangan PPKM Level IV di Kota Kupang dalam rangka pengendalian penyebaran Corona virus -19, menegaskan pelaku perjalanan wajib bebas Covid-19.

Dalam instruksi walikota di bagian kedua huruf i nomor 1-4, menjelaskan satgas akan melakukan  pemeriksaan melalui operasi Prokasih (Protokol Kesehatan Kasih) dan bila perlu melakukan penyekatan di setiap pintu maşuk (gerbang) Wilayah Kota Kupang.

Penyekatan ini, dilakukan terhadap pelaku perjalanan yang menggunakan mobil pribadi, sepeda motor dan transportasi umum dari luar wilayah Kota Kupang (pesawat udara, bis dan kapal laut) yang hendak memasuki Wilayah Kota Kupang.

Bagi pelaku perjalanan darat yang akan memasuki Wilayah Kota Kupang wajib disertai hasil Negatif Rapid Test Antigen yang dikeluarkan maksimal sehari terakhir atau Hasil Negatif Rapid Test PCR yang dikeluarkan maksimal dua hari sebelumnya.

Baca juga: Satu Mobil Derek Dishub dan Alat Berat Dikerahkan Evakuasi Bus Terbalik di Kota Kupang

Namun demikian, ketentuan ini dikecualikan bagi TNI/POLRI yang sedang melaksanakan tugas, pejabat Daerah/Negara yang sedang melaksanakan tugas.

Selanjutnya, awak Kendaraan Umum (maximal 3 orang  Sopir dan 2 orang Kondektur) yang mengangkut barang atau penumpang, pegawai/Karyawan PLN, Telekomunikasi atau BUMN /BUMD lainnya, pegawai/Karyawan Pemerintah/Swasta yang berdomisili diluar Wilayah Kota Kupang dan tempat kerjanya berada diwilayah Kota Kupang serta Pegawai/ Karyawan.

Berikutnya, Pemerintah/ Swasta yang berdomisili di Wilayah Kota Kupang dan tempat kerjanya berada diluar Wilayah Kota Kupang, mahasiswa yang kuliah di Kota Kupang, pemasok bahan pangan bagi Kota Kupang, pedagang bahan pangan/pelaku ekonomi di Wilayah Kota Kupang, karyawan Bank atau jasa keuangan lainnya; dan/ atau Rohaniawan yang sedang menjalankan tugas.

Pengecualian berikutnya, bagi pelaku perjalanan darat (sopir, awak dan/atau penumpang) yang memiliki suhu tubuh diatas 37,80 C dilarang memasuki Wilayah Kota Kupang.

Baca juga: Sebuah Bus DAMRI Terguling di Kelurahan Naikoten I Kota Kupang

Bagi warga Kota Kupang yang melakukan perjalanan darat keluar wilayah Kota Kupang, wajib disertai Hasil Negatif Rapid Test Antigen yang dikeluarkan maksimal sehari sebelumnya atau hasil Negatif Rapid Test PCR yang dikeluarkan maksimal dua hari sebelumnya untuk maşuk kembali ke Wilayah Kota Kupang.

Dan yang terakhir, bagi pelaku perjalanan Laut/Udara wajib disertai Hasil Negatif Rapid Test Antigen yang dikeluarkan maksimal sehari sebelumnya atau hasil Negatif Rapid Test PCR yang dikeluarkan maksimal dua hari sebelumnya.

Sementara itu, untuk pemberlakuan yang lain, tetap mengikuti surat instruksi yang dikeluarkan pada pemberlakukan PPKM level empat pada tanggal 26 Juli 2021 lalu. Untuk instruksi terbaru ini, akan diberlakukan sampai tanggal 11 Agustus 2021 mendatang. (*)

Berita Kota Kupang terkini

Sumber: Pos Kupang
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved