Breaking News:

Pengawasan Mobilisasi Pelaku Perjalanan di Posko Perbatasan Lamea Longgar

Pengawasan pelaku perjalanan warga menggunakan kendaraan angkutan darat dari Kupang menuju Malaka di pintu perbatasan Lamea, sangat longgar

Penulis: Edy Hayong | Editor: Kanis Jehola
POS-KUPANG.COM/EDI HAYONG
Bupati Malaka, Dr. Simon Nahak, S.H,MH saat memantau posko covid-19 di Desa Lamea, Kecamatan Wewiku, Kabupaten Malaka beberapa waktu lalu. 

Laporan Reporter POS-KUPANG.COM, Edy Hayong

POS-KUPANG.COM, BETUN--Pengawasan mobilisasi pelaku perjalanan warga menggunakan kendaraan angkutan darat dari Kupang menuju Malaka di pintu perbatasan Lamea, Kecamatan Wewiku, Kabupaten Malaka sangat longgar.

Walaupun disiapkan posko covid-19 tetapi petugas tidak siaga di lapangan sampai Pukul 23.00 Wita. Kondisi ini membuat pelaku perjalanan tidak bisa dideteksi keberadaannya bilamana ada yang diduga mengalami kasus tanpa gejala ataupun ada gejala.

Pantauan Pos-Kupang, Minggu 1 Agustus 2021 sekitar Pukul 23.00 Wita tidak ada aktifitas pemeriksaan oleh petugas Posko yang ada di Lamea. Bahkan posko dibiarkan kosong tanpa ada petugas satgas. Hanya terlihat tenda dan beberapa kursi dan bangku.

Kondisi ini tidak seperti halnya beberapa waktu lalu dimana petugas satgas covid tingkat kabupaten maupun kecamatan dan desa dibantu aparat keamanan siaga. Setiap kendaraan yang melintas dari Kupang akan diberhentikan dan petugas memeriksa penumpang suhu tubuh termasuk mencatat alamat asal dan tempat tinggal selama di Malaka.

Baca juga: Jajaran Puskesmas Tunabesi Kabupaten Malaka Rutin Sosialisasi Pola Hidup Sehat Cegah Covid-19

Menurut penuturan warga setempat bahwa saat ini petugas berada di posko melakukan aktifitas pemeriksaan mobilisasi pelaku perjalanan sampai Pukul 16.00 Wita. Selebihnya tidak ada lagi penjagaan sehingga arus kendaraan yang datang dari arah Kupang pada malam hari tidak lagi diperiksa.

"Kalau beberapa waktu lalu petugas gabungan siaga baik itu Satpol PP, petugas kesehatan, polisi, TNI juga siaga. Tapi sekarang ini kami lihat cuma sampai jam 4 (Pukul 16.00 Wita, RED) lalu petugas su (sudah) pulang. Kalau lepas begini mana bisa tahu orang kena covid atau tidak. Ini sama dengan susah su datang," ujar salah satu warga yang menolak namanya ditulis.

Pertanyaan lagi, lanjut warga ini soal catatan pelaku perjalanan hanya bisa diambil sampai Pukul 16.00 Wita sedangkan pelaku perjalanan yang masuk ke Malaka diatas Pukul 16.00 Wita jelas lolos tanpa dicatat nama dan alamat tempat tinggalnya.

"Ini masukan buat pimpinan daerah supaya diperhatikan. Atau mungkin saja dana untuk petugas jaga terbatas sampai Pukul 16.00 Wita saja atau 1x24 jam petugas berjaga. Kami warga bodoh ini tidak terlalu mengerti tentang ini. Kami cuma bisa taati prokes saja," tambah warga usia separuh baya ini.

Baca juga: UPT Penda NTT Wilayah Kabupaten Malaka Gencar Sosialisasi Tax Amnesty

Sebelumnya data terbaru dari Tim Gugus Tugas Percepatan Penanganan pencegahan dan penyebaran virus Corona Disiase (Covid-19) Kabupaten Malaka, menginformasikan melalui kepala Dinas Komunikasi Dan informatika (Kominfo) Kabupaten Malaka, Brynsina Elfrida Klau bahwa  sebanyak 8 kasus baru  tersebar di 3 kecamatan, Minggu 1 Agustus 2021 Pukul 16:00 Wita,

Rinciannya di Kecamatan Weliman 2 kasus, Wewiku 2 kasus, dan Kecamatan Kobalima 4 kasus  jumlah sebanyak 8 kasus. Dengan adanya 8 kasus tersebut berarti jumlah  kasus positif Covid-19 di Kabupaten Malaka mencapai 267 Kasus

Dengan Rincian 93 kasus terkonfirmasi tanpa gejala dan 175 kasus terkonfirmasi ada gejala, dari total 267 Kasus tersebut, 143 dinyatakan sembuh, 112 masih dalam perawatan dan 12 meninggal dunia,

Sebanyak 112 kasus yang masih dalam perawatan  sebanyak 105 orang menjalani perawatan dan isolasi mandiri Sedangkan 7 orang lainnya dirawat di RSUPP Betun.

Pelaku perjalanan yang masuk ke Kabupaten Malaka dari luar Kabupaten malaka sebanyak 26 orang sedangkan pelaku perjalanan yang datang dari luar malaka per 1 agustus  mencapai 23.180 orang Sedangkan yang masih menjalani  isolasi mandiri sebanyak 516 orang. (*)

Berita Kabupaten Malaka Lainnya

Sumber: Pos Kupang
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved