Peneliti Indonesia Ini Punya Andil Buat Vaksin AstraZeneca, Idenya Diakui Dunia Untuk Atasi Covid-19

Selama ini hampir semua orang Indonesia tahu nama AstraZeneca, salah satu jenis vaksin yang dibeli pemerintah untuk disuntikkan ke masyarakat.

Editor: Frans Krowin
Tribunnews.com
Carina Citra Dewi Joe, ilmuwan asal Indonesia ikut berperan dalam pembuatan vaksin AstraZeneca. Idenya malah dipakai dunia untuk memproduksi vaksin AstraZeneca dalam jumlah banyak. 

POS-KUPANG.COM – Selama ini hampir semua orang Indonesia tahu nama AstraZeneca, vaksin yang dibeli pemerintah untuk disuntikkan kepada masyarakat guna melawan covid-19.

Namun, banyak yang mungkin tak tahu, kalau dibalik AstraZeneca tersebut ada keterlibatan peneliti dari Indonesia.

Bahkan peneliti asal Indonesia itu ternyata sebagai salah satu pemilik hak paten atas vaksin AstraZeneca, khususnya di bidang manufaktur skala besar.

Sosok peneliti tersebut, adalah Carina Citra Dewi Joe. Sosok ini juga yang menemukan metode supaya vaksin AstraZeneca diproduksi dalam skala besar atau banyak.

Baca juga: Satgas Penanganan Covid-19 Kecamatan Kelapa Lima Bubarkan KBM Tatap Muka SMAN IX

Untuk diketahui, Carina Joe merupakan peneliti Asal Indonesia yang berkarya di Jenner Institute Universitas Oxford.

Keberadaan Carina Joe dalam penelitian AstraZeneca itu tak banyak yang diketahui oleh publik di Tanah Air.

Namun Indonesia patut berbangga karena salah satu anak kandung ibu pertiwi terlibat dalam penelitian dan bahkan memiliki hak paten pada vaksin AstraZeneca itu.

Menurut Carina, Vaksin AstraZeneca memiliki lebih dari enam hak paten di bidang yang berbeda, salah satunya adalah Sarah Gilbert.

Baca juga: Kembali Terima Vaksin Covid-19 dari Kemenkes, Dinkesdukcapil NTT Pastikan Stok Vaksin Aman

"Paten itu enggak cuma satu doang, untuk Oxford AstraZeneca itu ada lebih dari enam paten kan bidangnya beda. Sarah Gilbert ada, tapi dia bukan yang punya semua paten."

"Salah satu pemilik patennya saya. Di bidang manufacturing skala besar," kata Carina dikutip dari tayangan video di kanal YouTube Kompas TV, Jumat 30 Juli 2021.

Inilah Sosok Carina Joe

Dikutip dari unggahan Duta Besar Indonesia untuk Inggris, Desra Percaya di Instagram resminya, @desrapercaya, Carina adalah ilmuwan utama dalam pengembangan proses manufaktur Vaksin AstraZeneca.

Selain itu Carina juga memegang paten proses manufaktur ber-output intensif bagi Vaksin AstraZeneca.

Baca juga: Danpussenarmed Beri Bantuan Bagi Warga Terdampak Covid-19 di Wilayah Kodim 1618/TTU

Sebelumnya, Carina juga telah bekerja dengan berbagai laboratorium cGMP di berbagai negara untuk memperjuangkan transfer teknologi proses produksi vaksin.

Halaman
123
Sumber: Tribunnews
  • Berita Populer
    Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved