Breaking News:

Berita Belu

Bupati Belu, Agus Taolin : Jamban Tanpa Air Percuma

Lewat STBM ini kita meletakkan serta mewarisi kehormatan yang baik untuk generasi penerus, anak serta cucu-cucu kita

Penulis: Teni Jenahas | Editor: Rosalina Woso
POS KUPANG.COM/TENI JENAHAS
Bupati Belu, dr. Agustinus Taolin menyerahkan piagam penghargaan STBM kepada kepala Desa Jenilu saat deklarasikan Open Defecation Free (ODF) atau Stop Buang Air Besar Sembarangan, Kamis 29 Juli 2021 

Bupati Belu, Agus Taolin : Jamban Tanpa Air Percuma

Laporan Reporter POS KUPANG.COM, Teni Jenahas

POS KUPANG. COM, ATAMBUA--Bupati Belu, dr. Agustinus Taolin, Sp.PD mengatakan, jamban dan air adalah satu paket dalam menerapkan pola hidup bersih dan sehat. Ada jamban harus ada air.

Jamban tanpa air percuma. 

"Jamban dan air itu sudah satu paket, seperti suami dan istri. Ada jamban, harus ada air, kalau hanya jamban dan tidak ada air percuma", kata Bupati Belu, Agustinus Taolin dalam sambutannya saat menghadiri deklarasikan Desa Jenilu sebagai Desa Open Defecation Free (ODF) atau Stop Buang Air Besar Sembarangan, Kamis 29 Juli 2021. 

Menurut Bupati, masalah kekurangan air di Kabupaten Belu menjadi perhatian pemerintah saat ini, termasuk mendukung program Sanitasi Total Berbasis Masyarakat (STBM).

Pemerintah akan berupaya agar air dari Bendung Rotiklot yang berkapasitas 3,9 juta meter kubik itu dapat dimanfaatkan oleh masyarakat sekitarnya. 

Baca juga: Bupati Belu Buka Pendidikan Dasar Militer di Unhan RI

Bupati berpesan kepada masyarakat agar tetap memperhatikan pola hidup bersih dan sehat salah satunya stop buang air besar sembarangan.

Karena buang air besar sembarangan yang dilakukan terus menerus dapat terkontaminasi pada air tanah yang kemudian dikonsumsi oleh masyarakat sendiri. Bila air tidak dimasak maka bisa menimbulkan penyakit diare. 

Kepada camat dan kepala desa diminta untuk terus memperhatikan dan memantau implementasi dari program STBM di wilayahnya sehingga program tersebut berjalan sesuai rencana dan memberikan manfaat.

Halaman
12
Sumber: Pos Kupang
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved