Breaking News:

Tujuh Bulan Nakes di Manggarai Timur Belum Diberikan Insentif, Begini Penjelasan Sekda Boni!

hingga Juli 2021, insentif bagi para tenaga kesehatan ( nakes) maupn non nakes yang menangani pandemi Covid-19 itu belum juga diberikan

Penulis: Robert Ropo | Editor: Kanis Jehola
POS-KUPANG.COM/ROBERT ROPO
Sekda Manggarai Timur, Ir Boni Hasudungan Siregar 

Laporan Reporter POS-KUPANG.COM, Robert Ropo

POS-KUPANG.COM, BORONG - Sudah sejak 7 bulan terhitung dari tanggal 1 Januari hingga Juli 2021, insentif bagi para tenaga kesehatan ( nakes) maupn non nakes yang menangani pandemi Covid-19 itu belum juga diberikan. Terkait dengan hal ini sejumlah nakes mengeluh dan meminta agar hak mereka bisa segera diberikan.

Terkait dengan hal ini, Sekertaris Daerah ( Sekda) Manggarai Timur, Ir Boni Hasudungan Siregar ketika dikonfirmasi POS-KUPANG.COM di ruang kerjanya, Kamis 29 Juli 2021 menjelaskan, tidak ada niat Pemerintah Daerah untuk menahan atau tidak membayar insentif bagi para Nakes. Pemerintah sebenarnya sudah membayar insentif para Nakes itu.

Namun kata Sekda Boni, setelah ada pemeriksaan BPK, ada rekomendasi untuk mengikuti Peraturan Menteri Kesehatan yang baru terkait Pengaturan besarnya Insentif dan juga cara pembagian Insentif itu. Sehingga saat ini, Pemerintah Daerah melalui Dinas Kesehatan Kabupaten Manggarai Timur tengah melakukan penyesuaian untuk mengikuti Peraturan Menteri Kesehatan terbaru itu, sehingga tidak terjadi kesalahan.

Meski demikian, Sekda Boni juga selalu mengingatkan kepada Dinas Kesehatan untuk cepat menyelesaikan penyesuaian itu, sehingga secepatnya insentif tersebut diberikan, karena itu menjadi haknya para Nakes, termasuk para petugas Non Nakes yang terlibat dalam penanganan Covid-19.

Baca juga: Ini Alasan Tenaga Kesehatan Dapatkan Booster Vaksin Lebih Dulu, Dokter Reisa Ungkap Faktanya

"Saya terus mengingatkan baik dalam beberapa kali pertemuan dan saya juga kemarin sudah ke Dinkes untuk melakukan pertemuan terkait hal ini termasuk dengan data Covid-19 dan lain-lain. Kalau tahun 2020 lalu tidak terkendala terkait hal ini karena tidak aturan yang baru, tapi kemarin karena ada masukan dari BPK saja untuk diperbaiki sesuai aturan Menteri Kesehatan itu,"kata Sekda Boni.

Meski demikian, Sekda Boni, berharap agar paling lambat bulan Agustus 2021 ini Insentif para Nakes itu sudah dibisa direalisasikan.

"Kita juga beban, karena ini orang (Nakes) sudah bekerja lalu haknya belum diberikan. Saya berharap bulan Agustus ini bisa direalisasikan,"ungkap Sekda Boni.

Baca juga: Efek Samping Vaksin Moderna Diberikan kepada 1,47 Juta Tenaga Kesehatan, Ini Penjelasan Pemerintah

Adapun jumlah Nakes Puskesmas yang menerima insentif Covid-19 ada 80 orang. Sementara di shelter dan Dinkes ada 150 orang. (*)

Berita Manggarai Timur Lainnya

Sumber: Pos Kupang
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved