Breaking News:

Berita Malaka

Kepala BPTP NTT Sambangi Lahan Pegembangan Holtikultura Petani Desa Umatoos

sentuhan-sentuhan tekhnologi yang dapat dipergunakan untuk meningkatkan hasil petanianbya," tutur salah satu pakar pertanian di NTT

Penulis: Edy Hayong | Editor: Rosalina Woso
Dok. Heri Klau.
Kepala BPTP NTT,  Dr. Procula Rudlof Matitaputty bersama peneliti Dr. Ben de Rosari menyambangi lahan pengembangan  holtikultura oleh petani  di Desa Umatoos, Kecamatan Malaka Barat, Kabupaten Malaka, Kamis  29 Juli 2021 sore. 

Kepala BPTP NTT Sambangi Lahan Pegembangan Holtikultura Petani Desa Umatoos

Laporan Reporter POS-KUPANG.COM, Edy Hayong

POS-KUPANG.COM I BETUN--Kepala Balai Pengkajian Teknologi Pertanian (BPTP) NTT,  Dr. Procula Rudlof Matitaputty bersama peneliti Dr. Ben de Rosari menyambangi lahan pengembangan  holtikultura oleh petani  di Desa Umatoos, Kecamatan Malaka Barat, Kabupaten Malaka, Kamis  29 Juli 2021 sore.

Jedatangan orang nomor 1  BPTP NTT ini, untuk melihat dari dekat apa yang dilakukan petani dalam mengolah lahan pertaniannya.

"Kami datang sendiri ke lokasi pertanian untuk melihat dari dekat apa yang dilakukan petani sehubungan dengan pengolahan lahan pertaniannya dan hal apa saja yang berkaitan dengan tekhnologinya," kata Matitaputty.

Dirinya melanjutkan, tugas dan fungsi BPTP adalah melaksanakan kegiatan pengkajian dan perakitan paket tekhnologi tepat guna spesifik lokasi.

Baca juga: Penghematan Anggaran, Pemkab Malaka Cuma Rekrut 2.055 Tenaga Kontrak Daerah

Keberadaan BPTP ini diharapkan mampu menjembatani antara lembaga penelitian sebagai penghasil tekhnologi dengan petani dan stakeholder sebagai pengguna tekhnologi.

"Saya melihat sendiri lokasi petani hortikultura di desa ini, bahwa sudah ada sentuhan tekhnologinya. Akan tetapi harus ada pengembangan lebih lanjut di atas lahan yang masih ada, untuk mendongkrak lagi hasilnya," ujarnya.

Sementara itu, Dr. Ben de Rosari, Peneliti BPTP NTT pada kesempatan yang sama berdiskusi dengan petani sayur tentang apa yang selama ini telah dilakukan sehingga dapat mengolah lahan untuk menghasilkan hortikultura.

" Saya berikan apresiasi yang tinggi atas usaha yang telah dirintis petani hortikultura. Banyak tempat telah saya datangi, dan selalu saya katakan jika bertani sungguh-sungguh dan fokus, hasilnya juga akan jauh lebih meningkat," tandasnya.

Baca juga: Kades Kufeu Adukan Oknum Warga ke Polisi, Sekda Malaka Minta Proses Lanjut

Halaman
12
Sumber: Pos Kupang
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved