Breaking News:

Berita Internasional

Duta Besar Baru China untuk Amerika Serikat Janjikan Hubungan Lebih Terbuka Antara Kedua Negara

Duta Besar baru China untuk Amerika Serikat, yang tiba di negara itu, berjanji untuk bekerja mengembalikan hubungan bilateral ke jallurnya

Editor: Agustinus Sape
Twitter/ Qin Gang 秦刚
Duta Besar baru China untuk Amerika Serikat Qin Gang membuat pernyataan kepada media China dan AS setibanya di Amerika Serikat pada Rabu 28 Juli 2021. 

Duta Besar Baru China untuk Amerika Serikat Janjikan Hubungan Lebih Terbuka Antara Kedua Negara

POS-KUPANG.COM - Duta Besar baru China untuk Amerika Serikat, yang tiba di negara itu Rabu 28 Juli 2021, berjanji untuk bekerja mengembalikan hubungan bilateral ke jalurnya di tengah periode yang penuh dengan ketegangan.

"Menantikan waktu yang akan datang di negara ini," kata Qin Gang, diplomat top baru China untuk AS, dalam posting Twitter pertamanya setelah mendarat di New York pada Rabu sore.

Mantan wakil menteri luar negeri China berusia 55 tahun itu disambut kedatangannya oleh Li Kexin, wakil kepala misi Kedutaan Besar China; Huang Ping, Konsul Jenderal China di New York, dan diplomat China lainnya di AS, menurut pernyataan kedutaan China.

Qin akan menjabat sebagai duta besar ke-11 China untuk AS, menggantikan pendahulunya, Cui Tiankai, yang menyelesaikan masa jabatannya selama delapan tahun dan kembali ke China pada 23 Juni 2021.

Layanan Qin di kedutaan besar China di Washington DC datang pada saat hubungan bilateral dipandang oleh banyak ahli sebagai spiral ke bawah, karena kedua negara telah bertabrakan dalam berbagai masalah yang berbeda.

Baca juga: China Sebut Kebijakan AS Sesat dalam Pembicaraan Tingkat Tinggi dengan Wakil Menlu AS

Ada juga dorongan bipartisan yang muncul dari AS menuju konfrontasi dan persaingan dengan China, karena beberapa politisi telah menghipnotis persepsi China sebagai musuh atau ancaman.

Selama briefing media pertamanya dengan wartawan China dan Amerika setelah tiba, Qin mengingat perjalanan rahasia Henry Kissinger ke China 50 tahun yang lalu, yang membuka pintu bagi normalisasi hubungan China-Amerika.

"Lima puluh tahun kemudian hari ini, sebagai duta besar China ke-11 untuk Amerika Serikat, saya dapat melakukan perjalanan paling terbuka dan terbang langsung ke negara ini. Bagaimana dunia telah berubah seiring berjalannya waktu!" kata Qin.

"Saya yakin pintu hubungan China-AS yang sudah terbuka tidak bisa ditutup. Ini tren dunia, panggilan zaman, dan kehendak rakyat."

Halaman
12
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved