Breaking News:

Berita Internasional

Hujan Munson di India, Sedikitnya 112 Tewas Akibat Longsor dan Banjir di Negara Bagian Maharashtra

Sedikitnya 112 orang tewas di negara bagian Maharashtra di India barat oleh hujan deras yang menyebabkan tanah longsor dan banjir di dataran rendah

Editor: Agustinus Sape
AP/Tim Penanggulan Bencana Nasional India
Tim penanggulangan bencana nasional India memberikan pertolongan kepada orang-orang yang terdampar di air banjir. 

Hujan Munson di India, Sedikitnya 112 Tewas Akibat Longsor dan Banjir di Negara Bagian Maharashtra

POS-KUPANG.COM - Sedikitnya 112 orang tewas di negara bagian Maharashtra di India barat oleh hujan deras yang menyebabkan tanah longsor dan banjir di daerah dataran rendah, memutus ratusan desa.

Bagian dari pantai barat India menerima hingga 594 milimeter hujan selama 24 jam, memaksa pihak berwenang untuk mengevakuasi orang dari daerah rentan saat mereka melepaskan air dari bendungan yang mengancam akan meluap.

"Hujan deras yang tidak terduga memicu tanah longsor di banyak tempat dan membanjiri sungai," kata Kepala Menteri Uddhav Thackeray, yang mengepalai pemerintah negara bagian Maharashtra, kepada wartawan.

"Bendungan dan sungai meluap. Kami terpaksa melepaskan air dari bendungan, dan karenanya, kami memindahkan orang-orang yang tinggal di dekat bantaran sungai ke tempat yang lebih aman."

Baca juga: Giliran China Dilanda Banjir: 12 Tewas, Ribuan Dievakuasi, Stasiun Kereta Api dan Jalan Terendam

Tentara Angkatan Laut dan Angkatan Darat membantu operasi penyelamatan di daerah pesisir, tambahnya.

Sedikitnya 38 orang tewas di Taliye, 180 km tenggara ibu kota keuangan Mumbai, ketika tanah longsor meratakan sebagian besar desa kecil itu, kata Vijay Wadettiwar, seorang menteri di pemerintah negara bagian.

Dalam sembilan tanah longsor lainnya di bagian lain Maharashtra, 59 orang tewas dan 15 lainnya tewas dalam kecelakaan yang terkait dengan hujan deras, kata mereka.

Puluhan orang juga dikhawatirkan terperangkap dalam tanah longsor di distrik Satara dan Raigad, kata seorang pejabat pemerintah negara bagian yang meminta untuk tidak disebutkan namanya.

"Operasi penyelamatan sedang berlangsung di berbagai tempat di Satara, Raigad dan Ratnagiri. Karena hujan deras dan sungai yang banjir, kami berjuang untuk memindahkan mesin penyelamat dengan cepat," katanya.

Baca juga: Eropa Dilanda Banjir: Tim Penyelamat Berjuang Temukan Korban Selamat Saat Ratusan Masih Hilang

Halaman
12
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved