Breaking News:

Virus corona

Pantas Corona Kembali Mewabah, Tingkat Vaksinasi Indonesia Terendah di Dunia, Baru 6 Persen

Pantas Corona kembali mewabah, tingkat Vaksinasi Indonesia terendah di Dunia, baru 6 Persen dari jumlah penduduk Indonesia

Editor: Adiana Ahmad
POS KUPANG.COM/IRFAN HOI
Salah seorang warga saat sedang menerima suntikan vaksin yang digelar Kejati NTT.  Pantas Corona Kembali Mewabah, Tingkat Vaksinasi Indonesia Terendah di Dunia, Baru 6 Persen 

Pantas Corona Kembali Mewabah, Tingkat Vaksinasi Indonesia Terendah di Dunia, Baru 6 Persen

POS-KUPANG.COM, JAKARTA - Indonesia saat ini babak belur dihajar virus corona gelombang kedua.

Bahkan tingkat kematian akibat covid-19 di gelombang kedua ini dilaporkan jauh lebih besar karena serang virus asal Wuhan yang semakin ganas.

Ternyata tingkat vaksinasi Indonesia saat ini terendah di dunia, baru 6 persen.

Hal itu berdasarkan Laporan International NGO Forum on Indonesian Development (INFID) dalam webinar bertajuk 'Program Vaksinasi Covid-19 dan Keberpihakannya bagi Kelompok Rentan', Senin (19/7/2021). 

Baca juga: Saling Tuduh Sumber Virus Corona, Natizen China Tuntut WHO Selidiki Lab Fort Detrick AS

Dalam kesempatan itu, Research Manager PT. Kalbe Farma Tbk sekaligus Research Fellow INFID Halida P. Widyastuti menyoroti masuknya Indonesia dalam kategori tingkat vaksinasi paling rendah di dunia. 

Halida mengatakan hingga saat ini baru sekitar 15 juta penduduk Indonesia yang telah menerima dosis vaksin penuh atau dua dosis vaksin (dua kali suntik vaksin Covid-19). 

Sementara jika digabungkan dengan penduduk yang baru menerima dosis vaksin pertama, maka total Indonesia baru memberikan sekitar 30-an juta lebih dosis vaksinasi kepada masyarakat.

Baca juga: Warga Geger, Jenazah Bergelimpangan di Kuningan, Enam Mayat Ditemukan dalam Waktu Berdekatan,Corona?

"Ini bisa diartikan sebagai hanya sekitar 6 persen dari populasi Indonesia yang sudah menerima dosis vaksin penuh. Ini juga adalah salah satu tingkat vaksinasi paling rendah di dunia, vaksinasi di Indonesia ini," ujar Halida, dalam webinar yang juga disiarkan melalui YouTube, Senin (19/7/2021). 

Halida pun menilai peluncuran vaksinasi di negara ini terbilang sangat lamban di awal. Hal tersebut juga terjadi dikarenakan berbagai faktor. 

Antara lain seperti keharusan Indonesia untuk mengimpor vaksin termasuk bahan-bahan bakunya, kemudian produksi vaksin secara massal, hingga kekurangan infrastruktur untuk mendistribusikan vaksin.

Kemudian, kendala lainnya disebut Halida adalah banyak orang yang mau divaksin tapi kebingungan tentang langkah-langkah apa saja yang harus dilakukan sebelum bisa mendaftar untuk pemberian vaksin. 

"Basically birokrasinya berbelit-belit, belum lagi masih ada sebagian besar dari masyarakat kita yang ragu-ragu untuk menerima vaksin dengan berbagai macam alasannya," tandasnya. (*)

Berita terkait virus corona
Artikel ini telah tayang di Tribunnews.com dengan judul Tingkat Vaksinasi Indonesia Termasuk Rendah di Dunia, Baru 6 Persen dari Seluruh Populasi RI

Sumber: Tribunnews
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved