Breaking News:

Berita Internasional

Afghanistan Tarik Diplomat dari Pakistan Buntut Penculikan Putri Duta Besar Najib Alikhil

Afghanistan menarik diplomatnya sebagai tanggapan atas penculikan putri duta besar Afghanistan di Pakistan.

Editor: Agustinus Sape
Twitter/Najib Alikhil
Dubes Afghanistan untuk Pakistan, Najib Alikhil. Afghanistan menarik para diplomat usai kasus penculikan dan penyiksaan putri Najib Alikhil di Pakistan. 

Afghanistan Tarik Diplomat dari Pakistan Buntut Penculikan Putri Duta Besar Najib Alikhil

POS-KUPANG.COM -  Afghanistan telah menarik duta besar dan diplomatnya dari ibu kota Pakistan menyusul penculikan putri duta besar, kata kementerian luar negeri Afghanistan, sebuah pukulan baru bagi hubungan pada waktu yang sensitif bagi proses perdamaian Afghanistan.

Silsila Alikhil, putri Najib Alikhil, duta besar Afghanistan untuk Pakistan, ditangkap pada hari Jumat dan ditahan selama beberapa jam oleh penyerang tak dikenal yang meninggalkannya dengan luka dan bekas tali.

Pihak berwenang Pakistan mengatakan mereka sedang menyelidiki insiden tersebut.

“Pemerintah Afghanistan memanggil duta besar dan diplomat senior ke Kabul sampai ancaman keamanan benar-benar hilang, termasuk penangkapan dan hukuman para pelakunya,” kata kementerian luar negeri Afghanistan.

Alikhil sedang dalam perjalanan pulang di ibukota Pakistan ketika dia diculik, kata kementerian itu pada hari Sabtu, menambahkan bahwa dia berada di bawah perawatan medis di rumah sakit setelah dibebaskan.

“Penculikan putri duta besar Afghanistan & penyiksaan selanjutnya telah melukai jiwa bangsa kami. Jiwa nasional kami telah disiksa," kata Wakil Presiden Afghanistan Amrullah Saleh di Twitter.

Baca juga: Kedutaan Afghanistan Canberra Rilis Video Kekejaman Taliban, Warga Sipil Disiksa dan Dieksekusi Mati

Islamabad memiliki keamanan yang relatif ketat dan populasi sekitar satu juta orang.

Delegasi Afghanistan akan mengunjungi Pakistan untuk menilai situasi setelah "lebih banyak langkah akan diambil," kata kementerian luar negeri Afghanistan.

Prioritas utama

Halaman
12
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved