Breaking News:

Ketua Kwarda :  Pramuka di NTT Sebagai Salah Satu Garda Terdepan Dalam Penanganan Bencana

pendidikan paud serta alat permainan edukatif bagi anak-anak terdampak bencana yang ada di kamp pengungsian.

Penulis: Ray Rebon | Editor: Rosalina Woso
POS KUPANG.COM/RAY REBON
Foto bersama seusai acara ngobrol Asyk Pos Kupang pada Rabu 14 Juli 2021. 

Ketua Kwarda :   Pramuka di NTT Sebagai Salah Satu Garda Terdepan Dalam Penanganan Bencana

Laporan Reporter POS-KUPANG.COM, Ray Rebon

POS-KUPANG.COM, KUPANG--Pramuka adalah suatu lembaga sosial dengan tugas pokok oleh negara adalah tugas untuk melaksanakan pendidikan kepramukaan dan penghubung karakter antar manusia.

Demikian disampaikan Ketua Kwarda Pramuka NTT, Drs. Sinun Petrus Manuk dalam acara ngobrol Asyk Pos Kupang pada Rabu 14 Juli 2021.

Acara ngobrol Asyik Pos Kupang kali ini mengusung tema 'Kiprah Pramuka Dalam Penanggulangan Bencana Di NTT' dengan menghadirkan dua narasumber ialah,  Ketua Kwarda Pramuka NTT, Drs. Sinun Petrus Manuk dan Plt. Kepala BPBd Prov NTT, Isyak Nuka dengan host Jurnalis Senior Pos Kupang, Hilarius F. Jahang, Rabu 14 Juli 2021.

Ka Piter melanjutkan, dalam ajaran-ajaran kepramukaan terdapat dasadarma dan Bindarma kedua yang berbunyi ialah alam dan kasih sayang sesama manusia.

Pada titik inilah pramuka secara nasional diajarkan semua pramuka wajib melaksanakan bhakti sosial. Sehingga hal ini sebagai fungsi sosial dari pramuka.

Baca juga: Begini Tanggapan Gubernur Viktor Laiskodat Terkait Kerumunan Warga Saat Vaksin di Kota Kupang,

 

 

Bhakti sosial yang dilaksanakan bukan hanya dilakukan dalam artian terhadap bencana banjir atau badai seroja beberapa waktu lalu, melainkan bhakti sosial ini telah dilakukan pramuka selama ini dan berkolaborasi dengan BPBD, Tagana serta lembaga-lembaga lain yang punya kepedulian terhadap penanggulangan bencana.

Dia menyebutkan, untuk pramuka ada dua hal yang paling di depan terkait kejadian 29 November bencana Lewotolok, Sebagai pramuka pihaknya mengambil langkah atau sikap secara cepat, karena bencana tersebut berada disatu titik.

Pihaknya juga melakukan mibilisasi potensi dan kemampuan yang dimiliki oleh 22 kwartir cabang di NTT untuk bagaimana memberi perhatian bencana di Lembata.

Halaman
1234
Sumber: Pos Kupang
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved