Breaking News:

Abia Kago Dipanggil untuk Bergabung di Tim PON NTT

Pemain asal Persap Alor, Abia Alfa Kago yang kini berlatih bersama Kristal FC dipanggil tim PON NTT untuk mengikuti pemusatan latihan.

Penulis: Sipri Seko | Editor: Sipri Seko
Abia Kago Dipanggil untuk Bergabung di Tim PON NTT
Istimewa
Abia Alfa Kago (depan)

POS-KUPANG.COM, KUPANG - Pemain asal Persap Alor, Abia Alfa Kago yang kini berlatih bersama Kristal FC dipanggil tim PON NTT untuk mengikuti pemusatan latihan. Abia mengganti salah satu pemain yang mengalami cedera serius.

"Lewat Asprov PSSI NTT, kami sudah kirim surat untuk panggil Abia agar segera bergabung di Tim PON yang sedang pemusatan latihan di SoE. Kami harapkan secepatnya Abia bergabung untuk mengikuti latihan," jelas Manager Tim PON NTT, Jimmi Sianto di Kupang, Senin (12/7).

Jimmi mengatakan, Abia merupakan pemain yang sudah menjadi incaran tim pelatih sejak seleksi akhir tahun lalu. Abia, ujarnya, ternyata sesuai pemantauan mengalami peningkatan performa saat berlatih bersama Kristal FC.

Jimmi mengatakan, Abia menggantikan pemain asal Flores Timur, Indra Tokan. Indra Tokan, diketahui merupakan pemain jebolan SKO NTT yang memperkuat NTT di Pra PON XX 2020 lalu. Indra mengalami cedera berat saat melakukan ujicoba di SoE beberapa waktu lalu.

Diberitakan sebelumnya, sebanyak 26 pemain yang akan memperkuat NTT di PON XX 2021 di Papua, mulai melakukan pemusatan latihan (TC) di SoE, Kabupaten TTS. Pelepasan para pemain dilakukan di Kupang oleh Ketua Umum KONI NTT, Andre Koreh didampingi Exco PSSI NTT, Muhammad Ansor dan Manager NTT, Jimmi Sianto, Senin (7/6).

"Hari ini, kita berangkat ke SoE untuk memulai TC. Nanti sebelum TC kita akan vaksin semua pemain, pelatih dan ofisial, karena mayoritas mereka belum divaksin. Anak-anak akan TC selama satu bulan dan setelah itun kita akan bergeser ke Ende. TC harus pindah-pindah ke beberapa tempat seperti di SoE, Ende dan kita harapkan bisa ke Surabaya nanti sebelum berangkat ke Papua," ungkap Jimmi Sianto.

Khusus di Kota SoE, menurut Jimmi, selama melakukan pemusatan latihan, akan ada uji coba dengan klub dari Kota Kupang, TTS, Bintang Timur Atambua di Belu dan lainnya, demikian juga di Ende.  "Saya sudah ketemu dengan Bupati Ende. Kami meminta kalau perlu ada turnamen mini di Ende. Pesertanya adalah tim-tim liga 3 dari kabupaten di Pulau Flores. Ini juga mereka bisa jadikan sebagai uji coba sebelum terjun di El Tari Memorial Cup," ungkap Jimmi.

Andre Koreh berharap, tim PON sepakbola NTT dapat memanfaatkan semakisimal mungkin waktu TC ini karena sisa waktu persiapan ke PON hanya empat bulan lagi. Menurut Andre Koreh, daerah lain sudah sangat jauh mempersiapkan mereka menuju pelaksanaan multi even Pekan Olahraga Nasional XX Tahun 2021 di Provinsi Papua.

"Hari ini saya hadir disini dan buat saya ini sebuah langkah positif. Mudah-mudahan cabang-cabang olahraga lain juga sudah melakukan hal yang sama sesuai jadwal TC centralisasi yang sudah kita kirimkan ke mereka, yakni mulai bulan Juni ini," harap Andre Koreh.

"Jadi sebagai ketua umum KONI, saya harus melihat ini secara keseluruhan. Tapi secara khusus saya salut kepada Asprov PSSI NTT, yang dengan komitmen yang tinggi dan dalam keterbatasan yang ada mereka terus berupaya untuk melakukan pemusatan latihan. Menurut saya ini sesuatu hal yang luar biasa komitmen dari teman-teman di Asprov PSSI dan Manager Tim PON Sepakbola yang terus berupaya melakukan hal tersebut," ujarnya.

Andre Koreh juga sangat berharap, cabang-cabang olahraga lain yang telah dan sedang menjalani latihannya tetap bersemangat, walaupun harus menghadapi berbagai keterbatasan dan kendala terutama anggaran. **

Sumber: Pos Kupang
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved