Breaking News:

Gempa Sumba

Gempa 5.2 SR Guncang Wilayah Waibakul, Kabupaten Sumba Tengah 

Gempa bumi tektonik berkekuatan 5.2 Skala Richter (SR) terjadi di Waibakul, Kabupaten Sumba Tengah, NTT. Pusat gempa ini berada di 20  kilometer (

Penulis: Oby Lewanmeru | Editor: Ferry Ndoen
NET
Ilustrasi Gempa Bumi 

Laporan Reporter POS-KUPANG.COM, Oby Lewanmeru

POS-KUPANG.COM/WAINGAPU - Gempa bumi tektonik berkekuatan 5.2 Skala Richter (SR) terjadi di Waibakul, Kabupaten Sumba Tengah, NTT. Pusat gempa ini berada di 20  kilometer (km) Timur Laut Waibakul.

Gempa ini terjadi pada Rabu 7 Juli 2021 pukul 07.38.06  WIB atau pukul 08.38.06  Wita.

Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Stasiun Geofisika Sumba Timur merekam bahwa terjadi Gempa Bumi dengan kekuatan 5.2 SR ini berpusat di 20 km Timur Laut Waibakul.

Gempa dengan kedalaman 49 km dirasakan  di Bima,NTB, Waingapu, Waikabubak dan juga di Tambolaka, Sumba Barat Daya III MMI (Getaran dirasakan nyata dalam rumah. Terasa getaran seakan akan truk berlalu).

Baca juga: Kerugian Mencapai Rp 324 Miliar, Kerusuhan di Yalimo 126 Ruko dan 34 Kantor Pemerintahan Dibakar

Gempa ini pun dirasakan di Labuan Bajo, Manggarai Barat II MMI (Getaran dirasakan oleh beberapa orang, benda-benda ringan yang digantung bergoyang).

Hasil analisis BMKG menunjukkan informasi awal gempabumi ini berkekuatan M=5,2 yang selanjutnya dilakukan pemutakhiran menjadi M=5,0. 

Sedangkan episenter gempa ini  pada 9,48 Lintang Selatan (LS) dan 119, 71 Bujur Timur (BT) atau tepatnya berlokasi di darat pada jarak 15 km arah Timur Laut Kota Waibakul, Kabupaten Sumba Tengah, NTT pada kedalaman 69 km.

Sementara dalam rilis  yang disampaikan oleh Kepala Pusat Gempabumi dan Tsunami BMKG,n
Bambang Setiyo Prayitno, M.Si, menyebutkan, dengan memperhatikan lokasi episenter dan kedalaman hiposenternya, gempa bumi yang terjadi merupakan jenis gempa bumi menengah akibat adanya aktivitas subduksi Lempeng Indo-Australia ke bawah Pulau Sumba.

Baca juga: Gli Azzurri Melangkah ke Final Lewat Kemenangan Dewi Fortuna, Ini Skor Saat Adu Penalti vs Spanyol

Hasil analisis mekanisme sumber menunjukkan bahwa gempabumi ini memiliki mekanisme pergerakan naik ( _thrust fault_ ).  

Halaman
12
Sumber: Pos Kupang
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved