Breaking News:

Opini Pos Kupang

Penerapan Bangunan Hijau pada Bangunan Pemerintah

Peningkatan emisi karbon di dunia menyebabkan dampak pemanasan global dan pembangunan

Editor: Kanis Jehola
Dok Pos-Kupang.Com
Logo Pos Kupang 

Oleh : Paul J. Andjelicus, Perencana Muda Dinas Parekraf Provinsi NTT, Anggota Ikatan Arsitek Indonesia (IAI) NTT

POS-KUPANG.COM - Peningkatan emisi karbon di dunia menyebabkan dampak pemanasan global dan pembangunan merupakan salah satu penyumbang emisi karbon yang cukup besar.

Penggunaan material dan sumber daya energi tak terbarukan, semakin banyak bangunan dan luas perkerasan di kawasan perkotaan menyebabkan terjadinya fenomena urban heat island.

Penelitian United Nations Environment Programme (UNEP) menunjukkan bahwa perkotaan walaupun hanya menempati lahan di dunia sekitar 2 persen, tapi mengkonsumsi 75 persen energi di seluruh dunia dan bangunan gedung.

Di tengah krisis energi dan air yang melanda dunia, perkotaan menghabiskan sekitar 40 persen energi dunia, 20 persen air, menghasilkan 25 persen sampah dunia dan 40 persen emisi karbon.

Baca juga:  Apa yang Dimaksud dengan Pemanasan Global? LENGKAP Kunci Jawaban Tema 3 Kelas 3 Hal 196-198 201 204

Hal ini yang mendorong isu penerapan bangunan hijau (green building) mendesak untuk diterapkan setelah Perjanjian Paris dan menjadi salah satu solusi yang dipercaya dapat mengurangi emisi gas rumah kaca.

Beberapa negara telah memasukkan konsep bangunan hijau sebagai salah satu target dalam dokumen kontribusi yang disebut Nationally Determined Contribution (NDC) antara lain India, Amerika, Switzerland, Singapura, dan Jepang.

Sementara NDC Indonesia memiliki target 29 persen penurunan emisi tanpa syarat (usaha sendiri) dan 41 persen bersyarat (dengan dukungan internasional) pada tahun 2030.

Beberapa aspek yang ditargetkan Indonesia dalam NDC dapat dicapai melalui konsep bangunan hijau antara lain penggunaan energi terbarukan, efisiensi energi, pengolahan sampah dan pengamanan sumber air bersih.

Baca juga: KUNCI JAWABAN Belajar dari Rumah di TVRI Rabu 30 September 2020 untuk SMP, Materi Pemanasan Global

Menurut Nirwono Joga, konsep green building sama dengan bangunan ramah lingkungan yang menekankan pada efisiensi penggunaan air, energi dan material bangunan.

Halaman
1234
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved