Breaking News:

Wabup John Lado Minta Pembebasan Lahan Kawasan Hutan Lindung di Lamboya

Wakil Bupati (Wabup)  Sumba Barat, John Lado Bora Kabba meminta pembebasan lahan pada kawasan hutan lindung di Kecamatan Lamboya. 

Editor: Ferry Ndoen
istimewa
TATAP MUKA -Wabup Sumba Barat, John Lado Bora Kabba saat tatap muka dengan masyarakat Desa Bodohulla, Kecamatan Lamboya,  Senin, 28Juni 2021. 

Wabup John Lado Minta Pembebasan Lahan Kawasan Hutan Lindung di Lamboya

POS KUPANG. COM, WAIKABUBAK - Wakil Bupati (Wabup)  Sumba Barat, John Lado Bora Kabba meminta pembebasan lahan pada kawasan hutan lindung di Kecamatan Lamboya

"Kita patut bersyukur karena sudah mendapat perhatian dari pemerintah pusat dalam hal ini Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan. Tujuan dari pertemuan hari ini adalah pemerintah ingin duduk bersama dengan masyarakat serta membangun kesepakatan bersama terkait pembebasan lahan kawasan hutan lindung," kata Wabup John Lado saat tatap muka bersama masyarakat di  Kantor Desa Bodohulla, Kecamatan Lamboya. Senin,  28 Juni 2021.

Pembebasan lahan tersebut diperuntukkan bagi warga masyarakat khususnya bagi 3 desa (Desa Bodohulla, Desa Laboya Dete, dan Wee Libo) di  Kawasan Hutan Lamboya yang selama ini bercocok tanam dan mengolah lahan perkebunan di sekitar kawasan hutan.

"Khusus di Kecamatan Lamboya kurang lebih sekitar empat puluh lima persen warga masyarakat adalah petani yang tidak memiiki lahan pribadi ,baik lahan kering maupun lahan basah, mereka menggarap lahan untuk bercocok tanam dan hasil panen selanjutnya akan dikonsumsi untuk kebutuhan pangan bagi warga itu sendiri,”kata Wabup Johon Lado kepada pihak Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan.  

Dalam rilis yang diterima dari Bagian Humas dan Protokol Pemkab Sumba Barat, Kamis , 1 Juli 2021, Wabup mengatakan  apabila lahan yang sudah digarap selama bertahun-tahun oleh masyarakat,  termasuk dalam kawasan dan terdaftar di Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan dirinya  selaku pemerintah daerah memohon kepada Kementerian agar membebaskan lahan-lahan yang sudah digarap masyarakat.

"Jika hal ini sudah disetujui maka saya berharap agar kita segera menetapkan titik-titik pasti ,dimana yang termasuk kawasan hutan agar masyarakat bisa dengan bebas menggarap lahan dan secara legistimasi memperoleh sertifikat kepemilikan tanah yang jelas dari BPN,"tandas Wabup.

Selain itu, kata Wabup, selama ini masyarakat berada dalam ketakutan saat menggarap lahan. Ketakutan ini timbul karena masyarakat ragu-ragu akan tata letak kawasan hutan dan juga mereka takut jika diproses secara hukum pada saat menggarap lahan-lahan potensial sektor pertanian.

"Dengan dibebaskan lahan-lahan yang sudah digarap masyarakat selama bertahun-tahun, mereka dapat mengolah lahan tersebut dengan maksimal untuk memenuhi kebutuhan ketahanan pangan dan kesejahteraan. Hal ini merupakan kerinduan masyarakat Kecamatan  Lamboya sejak lama dan Puji Tuhan ”Terjawab Sudah” pada tahun 2021 melalui kesempatan hari ini," ujar Wabup Johon Lado.

Menindaklanjuti hasil pertemuan tersebut, maka pada tanggal 29 Juni 2021 Wabup John Lado bersama pihak dari Balai Pemantapan Kawasan Hutan - Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan dan masyarakat Desa Bondo Hulla langsung turun lokasi untuk meninjau bersama-sama mana lahan yang sudah digarap, baik berupa lahan pertanian/perkebunan termasuk dimana sudah ada pembangunan rumah pemukiman dan menentukan titik dengan memasang patok sementara sebelum dipasang pilar oleh pihak BPKH - Kementerian LHK pada Agustus.

Melalui forum ini juga, Wabup John Lado mengimbau kepada masyarakat Desa Bodohulla untuk menaati protokol kesehatan. Wabup memerintahkan  kepala desa agar memberi pemahaman kepada masyarakat tentang bahaya wabah Covid-19 agar benar-benar menaati prokes untuk keselamatan diri sendiri dan keluarga.

Hadir pada kesempatan itu, Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Sumba Barat, Kepala UPT. Kawasan Pengelolaan Hutan Sumba Barat, Pejabat dari Balai Pemantapan Kawasan Hutan - Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan, Kepala Bagian ESDM dan Kehutanan, Camat Lamboya,  Kepala Desa Bondo Hulla, dan masyarakat.(gem) 

TATAP MUKA -Wabup Sumba Barat, John Lado Bora Kabba saat tatap muka dengan masyarakat Desa Bodohulla, Kecamatan Lamboya,  Senin, 28Juni 2021.
TATAP MUKA -Wabup Sumba Barat, John Lado Bora Kabba saat tatap muka dengan masyarakat Desa Bodohulla, Kecamatan Lamboya,  Senin, 28Juni 2021. (istimewa)

Berita Sumba Barat Lainnya

Sumber: Pos Kupang
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved