Breaking News:

Salam Pos Kupang

Percepatan Pembangunan BTS

Di saat sekarang ini orang lain sudah bisa menikmati jaringan 5G, tetapi NTT masih banyak daerah yang belum bisa menikmati Jaringan komunikasi

Editor: Kanis Jehola
Dok Pos-Kupang.Com
Logo Pos Kupang 

POS-KUPANG.COM - Di saat sekarang ini orang lain sudah bisa menikmati jaringan 5G, tetapi NTT masih banyak daerah yang belum bisa menikmati Jaringan komunikasi analog seperti telepon apalagi jaringan internet.

Masih ada di beberapa wilayah dimana warga yang harus naik pohon untuk mencari signal atau anak-anak sekolah yang harus naik ke tempat yang lebih tinggi untuk bisa mendapatkan jaringan internet.

Sulitnya mendapatkan jaringan telekomunikasi karena ada daerah yang belum ada menara BTS. Kalaupun ada, tetapi karena kondisi geografis maka ada lokasi tertentu yang mengalami blank spot sehingga daerah tersebut tidak tersentuh atau tercover sinyal komunikasi,

Base Transceiver Station ( BTS) merupakan sebuah infrastruktur telekomunikasi yang memfasilitasi komunikasi nirkabel antara piranti komunikasi dan jaringan operator. Untuk bisa menikmati pelayanan dengan telekomunikasi seluler maka dibutuhkan BTS.

Baca juga: Kabupaten Sumba Timur Dapat Alokasi 89 Base Transceiver Station BTS

 

NTT merupakan salah satu daerah yang cakupan masyarakat pengguna sarana telekomunikasi seluler belum tinggi karena masih banyak daerah yang belum ada jaringannya. Apalagi daerah yang kepulauan dan topografinya berbukit.

Untuk itu, pemerintah melalui Kementerian Komunikasi dan Informatika Republik Indonesia (Kemenkominfo RI) berupaya untuk meningkatkan cakupan daerah yang bisa menikmati telekomunikasi seluler termasuk menikmati internet.

Menkominfo Johnny Plate datang ke NTT dan melakukan rapat dihadiri Gubernur NTT serta 16 kepala daerah yang termasuk daerah 3T untuk mempercepat pembangunan BTS di NTT.

Juga melakukan penandatanganan MoU dengan 16 kepala daerah tersebut untuk pembangunan 421 menara BTS yang tersebar di 421 desa. Pembangunan BTS dimulai tahun ini hingga tahun 2022.

Baca juga: Gubernur NTT : Percepatan BTS Membawa Lompatan Budaya Kerja Provinsi NTT 

Menara BTS itu dibangun di atas lahan milik pemerintah kabupaten dan pemda yang lebih tahu tentang perencanaan di wilayahnya sehingga pemda bisa menentukan titik koordinat yang tepat.

Menkominfo mengingatkan agar kehadiran BTS itu sejalan dengan irama pembangunan di daerah dan kehadiran BTS itu bisa dinikmati masyarakat setempat.
Percepatan pembangunan BTS ini juga harus didukung masyarakat karena kehadiran BTS itu juga dinikmati masyarakat.

Kehadiran 421 menara BTS ini harus disambut antusias oleh semua pihak baik itu pemerintah daerah maupun masyarakatnya sehingga pembangunan BTS bisa berjalan sesuai rencana.

Yang diharapkan agar jangan sampai terjadi konflik tanah setelah penetapan titik koordinat karena masalah tanah di NTT ini sangat banyak. Pemda harus jeli agar pembangunan BTS tidak terhambat.

Kehadiran menara BTS ini diharapkan bisa meningkatkan pelayanan kepada masyarakat dalam berbagai bidang yang memanfaatkan internet. Tetapi tidak kalah pentingnnya adalah literasi mengenai penggunaan internet. Anak-anak harus dipersiapkan untuk mengetahui bagaimana menggunakan internet yang sehat. (*)

Baca Salam Pos Kupang Lainnya

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved