Breaking News:

Tanam Perdana Benih Jagung di Desa Mamodu, Wabup John Lado Minta PPL Terlibat Aktif

Wakil Bupati Sumba Barat, John Lado Bora Kabba melakukan kegiatan penanaman perdana benih jagung

Penulis: Gerardus Manyela | Editor: Kanis Jehola
POS-KUPANG.COM/ISTIMEWA
TANAM JAGUNG -Wabup Sumba Barat, John Lado Bora Kabba saat penanaman perdana jagung di Desa Mamodu, Kecamatan Wanukaka. 

POS-KUPANG.COM, WAIKABUBAK -Wakil Bupati Sumba Barat, John Lado Bora Kabba melakukan kegiatan penanaman perdana benih jagung di kebun penangkaran benih jagung Desa Mamodu, Kecamatan Wanokaka, Jumat 4 Mei 2021.

Acara diawali dengan laporan Kepala Dinas PMD Kabupaten Sumba Barat, Jefry Y. Ndapamerang.

"Tujuan dari kegiatan penangkaran benih ini adalah untuk mempersiapkan kebutuhan benih jagung bagi pengembangan tanaman jagung dengan total luas sekitar 2.700 hektar yang tersebar di 6 kecamatan dimana pembiayaan seluruhnya dari dana desa tahun 2021 dengan sistem padat karya tunai. Desa akan memberikan bantuan benih, obat-obatan, pupuk dan biaya kerja sebagai insentif bagi petani," ujar Jefry.

Selain pengembangan jagung melalui dana desa tahun 2021, kata Jefry, juga telah dialokasikan kegiatan pengembangan padi gogo di lahan kering seluas kurang lebih 1.900 hektar kacang hijau 300 hektar dan tanaman hortikultura serta pengembangan perikanan air tawar.

Baca juga: Jelang Musim Tanam, Distan Sumba Barat Bagikan Benih Jagung Kepada Petani

 

Wabup John Lado dalam sambutannya mengatakan, kegiatan ini sangatlah strategis karena merupakan langkah awal kita bersama dalam mempersiapkan benih jagung untuk memenuhi pengembangan tanaman jagung pada musim tanam 1 tahun 2021 di Kabupaten Sumba Barat.

"Kegiatan ini ibarat kita mulai menabuh genderang perang, perang melawan kelaparan di desa dalam rangka peningkatan ketahanan pangan masyarakat Sumba Barat,"papar Wabup Jhon Lado.

Wabup Jhon Lado meminta kepada semua pihak, terutama perangkat daerah terkait, pemerintah kecamatan, pemerintah desa untuk bahu-membahu bersama rakyat bekerja keras semangat dan tulus melayani demi menyukseskan program ini.

"Keberhasilan program ini akan diukur melalui capaian Out Come (Hasil) berupa produksi tanaman pangan yang meningkat. Kita harus melakukan pendampingan terus menerus kepada petani, memberikan motivasi kepada mereka dan saya bersama Bapak Bupati telah berkomitmen untuk selalu turun ke desa untuk memantau perkembangan program ini,"tegas Wabup John Lado.

Baca juga: Pemerintah Kabupaten Sumba Timur Dapat Benih Jagung 840 Hektar

Wabup Jhon Lado kemudian perintahkan para Penyuluh Pertanian Lapangan (PPL) agar terlibat aktif mulai dari persiapan lahan, penanaman, pemeliharaan, sampai pada masa panen agar selalu hadir di tengah-tengah petani ketika mereka berada di kebun.

Secara khusus Wabup Jhon Lado memohon dukungan Kapolres Sumba Barat dan Dandim 1613 Sumba Barat, terutama terkait kehadiran Bhabinkamtibmas dan Babinsa di desa dalam memberikan pendampingan, dorongan, dan motivasi kepada para petani di desa.

Pada kesempatan ini juga Wabup Jhon Lado menyampaikan apresiasi yang tinggi dan ucapan terima kasih kepada Camat Wanukaka dan Kepala Desa Mamodu beserta jajarannya serta kepada masyarakat Desa Mamodu yang telah bekerja keras mempersiapkan kebun penangkaran ini.

"Percayalah, jika kita bekerja tulus maka Tuhan yang maha kuasa akan senantiasa memberkati usaha kita" kata wabup Jhon Lado dalam rilis Bagian Humas dan Protokol Pemkab Sumba Barat, Senin, 28 Juni 2021.(gem)

Berita Sumba Barat Lainnya

Sumber: Pos Kupang
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved