Breaking News:

Wali Kota Kupang Perintahkan Siapkan Surat Peringatan Bagi Pelanggar Prokes

Wali Kota Kupang, Jefri Riwu Kore meminta semua OPD hingga pihak kelurahan menyiapkan surat peringatan bagi pelanggar protokol kesehatan

Editor: Kanis Jehola
POS-KUPANG.COM/IRFAN HOI
Wali Kota Kupang Jefri Riwu Kore (tengah, kanan) saat memimpin rapat bersama gugus tugas penanganan Covid-19. 

POS-KUPANG.COM | KUPANG - Wali Kota Kupang, Jefri Riwu Kore meminta semua Organisasi Perangkat Daerah ( OPD) hingga pihak kelurahan menyiapkan surat peringatan bagi pelanggar protokol kesehatan ( Prokes) yang masih membandel.

Jefri menegaskan agar pemantuan ditingkat Kecamatan dan Kelurahan, bisa dilakukan dengan cara menyebar dan dilengkapi dengan surat peringatan.

Dia meminta selain surat peringatan, gugus tugas penanganan Covid-19 juga menyediakan layanan Genose di tempat-tempat umum, terutama di bandar udara. Menurut Jefri jika dimungkinkan agar membuat daftar pihak-pihak yang berhak mengeluarkan surat bebas rapid atau bebas Covid-19 sehingga mencegah pemalsuan dokumen bebas Covid-19.

"Supaya yang datang dan mau berangkat kalau suratnya itu tidak sesuai dengan daftar maka tidak bisa diizinkan. Dan di bandara itu harus ada geonse dan antigen dari Pemerintah Kota," jelasnya, Jumat 25 Juni 2021 saat memimpin rapat bersama gugus tugas penanganan Covid-19.

Baca juga: Kenakan Busana Adat, Prajurit Kodim 1618/TTU Sosialisasi Penerapan Protokol Kesehatan

 

Dia menerangkan Pemerintah Kota akan bekerja sama dengan rumah sakit dan Laboratorium yang ada untuk melakukan pemeriksaan secara detail terhadap masyarakat yang hendak berpergian dari dalam wilayah Kota Kupang.

Jefri mengaku saat ini Pemkot sedang melakukan persiapan yang ketat untuk menghadapi gejolak kenaikan angka Covid-19. Disebutkannya, sehari sebelumnya total kasus di Indonesia sebanyak 20 ribu lebih dan NTT menyumbang 104 kasus. Dan khusus Kota Kupang menyuplai 25 persen kasus yang ada di NTT.

Terhadap varian baru, menurutnya pendisiplinan akan dilakukan mulai dari tingkatan RT, Kelurahan dan Tokoh agama untuk mengantisipasi hal itu walaupun varian baru di Kota Kupang hingga saat ini belum diketahui secara pasti.

"Kita tidak mau nanti ada kejadian baru kita bingung. Kita harus cegah dari awal sehingga kasus ini bisa dikendalikan," ujarnya.

Baca juga: Gelar Patroli PPKM, Sejumlah Rumah Makan di Kota Kupang Langgar Protokol Kesehatan

Dia mengklaim kesiapan fasilitas kesehatan di Kota Kupang sudah sangat baik. Kelengkapan yang sempat mengalami kekurangan seperti oksigen, kini tengah disiapkan ruang oksigen yang akan menyuplai oksigen langsung ke kamar-kamar pasien.

Dengan kesiapan ini, lanjutnya, menjadi kekuatan Pemerintah Kota untuk menghadapi gejolak Covid-19 yang berindikasi pada munculnya varian baru semakin menyebar luas di berbagai wilayah di Kota Kupang.

Selain itu, Wali Kota Jefri juga menegaskan BPBD agar segera mendistribusikan anggaran ke tingkat kelurahan berdasarkan usulan-usulan dari kelurahan. (Laporan reporter POS-KUPANG.COM, Irfan Hoi)

Berita Kota Kupang Lainnya

Sumber: Pos Kupang
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved