Breaking News:

Salam Pos Kupang

NTT Waspadai Corona Varian Delta

VIRUS Corona varian baru yang dikenal dengan sebutan delta mulai merebak ke Indonesia

Editor: Kanis Jehola
Dok Pos-Kupang.Com
Logo Pos Kupang 

POS-KUPANG.COM - VIRUS Corona varian baru yang dikenal dengan sebutan delta mulai merebak ke Indonesia. Beberapa kota seperti Karawang sudah ditemukan pasien yang terpapar Corona varian delta yang lebih berbahaya.

Jika tidak cepat diantisipasi maka dalam waktu dua sampai tiga hari pasiennya bisa meninggal dunia.

Kementerian Kesehatan mengungkapkan bahwa varian delta cenderung menyerang pasien di bawah usia 18 tahun atau usia anak.

"Ada kecenderungan varian delta di beberapa rumah sakit menyerang pasien di bawah usia 18 dan ada juga 10 tahun sudah ada yang kena. Itu pengamatan kami dari perbedaan varian baru ini," kata Pelaksana Tugas (Plt) Direktur Jenderal Pencegahan dan Pengendalian Penyakit (P2P) Kementerian Kesehatan, Maxi Rein Rondonuwu, seperti didikutip Antara.

Baca juga: Varian Delta Lebih Ganas, Bagaimana Gejala Penyakit Covid-19 Varian Delta

 

Kementerian Kesehatan menjelaskan, berdasarkan laporan-laporan penelitian Whole Genom Sequencing' dari Kudus, Jawa Tengah yang didominasi oleh kasus varian Delta.

Bagi kita di NTT belum ada laporan ditemukan pasien Corona varian Delta. Namun dengan kematian seorang pengawas bangunan di tempat kos di Kelurahan Kelapa Lima Kota Kupang, saat menjalani isolasi mandiri patut diwaspadai.

Apalagi saat ini mobilitas dan aktivitas, termasuk pesta-pesta yang semakin banyak, maka pemerintah perlu memperketat dengan pembatasan berskala besar.

Kita jangan menunggu menjadi pemadam jika sudah ada kebakaran. Jangan sampai pembatasan baru dilakukan setelah ada warga yang korban dari varian Delta.

Baca juga: Antisipasi Virus Corona Varian Delta, Pemda TTS wajibkan Pelaku Perjalanan Swab PCR

Menyediakan payung sebelum hujan lebih baik daripada mencari payung setelah hujan setelah basah baru membeli payung, itu akan sia-sia.

Tim Satgas Covid baik dari provinsi, kabupaten/kota harus lebih tegas dan ketat apalagi sebagian besar anggaran pembangunan terus direfocusing untuk pencegahan Covid, maka hasilnya pun harus maksimal.

Negara harus selalu hadir melindungi warganya, terutama dari virus yang sudah merenggut jutaan jiwa warga bangsa ini, termasuk di NTT.

Vaksinasi harus dipastikan merata untuk semua warga. Pemerintah juga perlu memikirkan vaksinasi bagi anak-anak dan remaja yang rentan terserang varian Delta.

Selain vaksinasi sebagai langkah terbaik meningkatkan imun tubjh juga perlu perhatian khusus terhadap peningkatan gizi keluarga dan proteksi lain sesuai anjuran kesehatan.

Protokol kesehatan (Prokes) harus diberlakukan secara ketat. 5M yakni memakai masker, mencuci tangan, menjaga jarak, menghindari kerumunan dan mengurangi mobilitas menjadi syarat mutlak dalam mencegah penyebaran Covid-19, termasuk varian Delta.*

Baca Salam Pos Kupang Lainnya

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved