Breaking News:

Desa Mandeu dan Faturika di Belu Deklarasi STBM 

Desa Mandeu dan Desa Faturika, Kecamatan Raimanuk, Kabupaten Belu mendeklarasikan Sanitasi Total Berbasis Masyarakat ( STBM)

Penulis: Teni Jenahas | Editor: Kanis Jehola
POS-KUPANG.COM/TENI JENAHAS
Wakil Bupati Belu, Drs. Aloysius Haleserens, MM menyerahkan piagam STBM kepada kepala Desa Mandeu dan Desa Faturika, Selasa 22 Juni 2021. 

Laporan Reporter POS-KUPANG.COM, Teni Jenahas

POS-KUPANG.COM,  ATAMBUA - Desa Mandeu dan Desa Faturika, Kecamatan Raimanuk, Kabupaten Belu mendeklarasikan Sanitasi Total Berbasis Masyarakat ( STBM). 

Sementara Desa Teun sebagai Open Defecation Free (ODF) atau stop buang air besar sembarangan.

Deklarasi ini ditandai dengan pengucapan ikrar untuk menjalankan lima pilar STBM dan diakhiri dilanjutkan dengan penyerahan piagam

Deklarasi STM dan ODF ini bertempat di Kantor Desa Mandeu Kecamatan Raimanuk, Selasa 22 Juni 2021. Acara deklarasi disaksikan Wakil Bupati Belu, Drs. Aloysius Haleserens, MM.

Baca juga: YPI dan Pemkab Malaka Sepakati Bangun Kebersamaan Dalam Program STBM, Simak Beritanya

 

Program STBM yang dilaksanakan Plan International bersama mitranya Yayasan Pijar Timur itu merupakan pendekatan untuk merubah perilaku higienis dan sanitasi melalui pemberdayaan masyarakat dengan metode pemicuan.

Penetapan Desa STBM dinilai dari keberhasilan masyarakat dalam menerapkan 5 Pilar STBM yakni, Stop buang air besar sembarangan (Stop BABS), Mencuci Tangan Pakai Sabun (CTPS) dengan air mengalir, Pengelolaan Air Minum dan Makanan Rumah Tangga (PAM-RT), Pengelolaan Sampah Rumah Tangga, serta Pengelolaan Limbah Cair Rumah Tangga. 

Sedangkan penetapan Desa ODF dilihat dari keberhasilan masyarakat menetapkan pilar pertama STBM yaitu Stop buang air besar sembarangan (Stop BABS). 

Wakil Bupati Belu, Drs. Aloysius Haleserens, MM dalam sambutannya menyampaikan apresiasi dan terima kasih kepada Yayasan Pijar Timur Indonesia dan Yayasan Plan International yang telah bersama-sama dengan Pemerintah dan masyarakat mewujudkan Desa STBM dan ODF.

Baca juga: Yayasan Pijar Timur Indonesia Targetkan 22 Desa di Malaka Terapkan Program STBM-MHM

“Jadi hari ini kita deklarasikan  mereka dalam Sanitasi Total Berbasis Masyarakat (STBM). Terima kasih banyak kepada Yayasan yang sudah membantu pemerintah mengentaskan masyarakat tiga Desa ini dari kebiasaan-kebiasaan buruk menuju perilaku hidup sehat", ungkap Wabup Belu.

Halaman
12
Sumber: Pos Kupang
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved