Breaking News:

Pakar Hukum Internasional Tegaskan Ini Terkait Pemulangan Buronan Kelas Kakap dari Singapura, Apa?

Hikmahanto Juwana, Pakar Hukum Internasional mengungkapkan hal ini terkait pemulangan Adelin Lis, buronan kelas kakap dari Singapura ke Indonesia.

Editor: Frans Krowin
Tribunnews.com
Hikmahanto Juwana 

POS-KUPANG.COM, JAKARTA -- Hikmahanto Juwana, Pakar Hukum Internasional dari Universitas Indonesia (UI) mengungkapkan hal ini terkait pemulangan buronan kelas kakap Adelin Lis dari Singapura ke Indonesia.

Namun pemulangan buronan kelas kakap tersebut merupakan sebuah proses deportasi bukan ekstradisi.

Hikmahanto Juwana mengatakan, deportasi dilakukan oleh otoritas Singapura karena Adelin Lis dianggap melanggar hukum keimigrasian setempat.

“Pada 9 Juni Pengadilan Singapura telah memutuskan Adelin Lis bersalah dengan menjatuhkan denda  dan mendeportasi kembali ke Indonesia,” jelas Hikmahanto kepada Tribunnews.com, Kamis 17 Juni 2021.

Adelin Lis dipulangkan karena yang bersangkutan melakukan pelanggaran hukum di Singapura. 
Sementara yang bersangkutan merupakan buronan yang paling dicari oleh pemerintah Indonesia karena sejumlah tindakan yang dilakukannya.
Adelin Lis merupakan buronan kasus pembalakkan liar dan korupsi. 

Baca juga: Begini Sepak Terjang Adelin Lis, Buronan Kelas Kakap, Ditangkap Berkali-Kali Tapi Lolos Berkali-Kali

Baca juga: Buronan Kelas Kakap Asal Medan Ditangkap Di Singapura, Keluarga Minta Kemudahan, Jaksa Agung Tolak

Dengan demikian, ketika pemerintah Singapura memulangkan Adelin Lis, pemerintah Indonesia melalui Kejaksaan Agung juga harus siap sehingga yang bersangkutan tidak melarikan diri lagi.

Lantas, apakah pemulangan Adelin Lis ke Indonesia, dilakukan oleh pemerintah Singapura atau pemerintah Indonesia?

Dua aspek ini tentunya merupakan hal yang berbeda. Pertama, pemulangan oleh Singapura karena yang bersangkutan melakukan pelanggaran.

Berikutnya, pemulangan oleh pemerintah Indonesia, karena yang bersangkutan adalah buronan yang selama ini dicari Kejaksaan Agung.

Lalu bagaimana Kejagung memastikan pemulangan Adelin Lis ke Indonesia dengan aman supaya yang bersangkutan tidak lari lagi?

Saat ini ada beberapa skenario yang sudah disiapkan. Pertama Kejagung menyewa pesawat agar memastikan bahwa yang bersangkutan tidak akan melarikan diri.

Halaman
123
Sumber: Tribunnews
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved