Breaking News:

Berit Sumba Barat Berteman

KPAI Sumba Barat Siapkan Rumah Aman Bagi Korban Kekerasan Perempuan Dan Anak

Kepala Dinas KPAI Kabupaten Sumba Barat, Drs. Jimmie Dima.M.M mengatakan untuk memberi perlindungan  perempuan dan anak akibat pemerkosaan dan

Penulis: Petrus Piter | Editor: Ferry Ndoen
pk/petrus piter
Kadis KPAI Kabupaten Sumba Barat, Drs.Jimmie Dima, M.M  

KPAI Sumba Barat Siapkan Rumah Aman Bagi Korban Kekerasan Perempuan Dan Anak

Laporan Reporter POS-KUPANG.COM, Petrus Piter

POS-KUPANG.COM/WAIKABUBAK---Kepala Dinas KPAI Kabupaten Sumba Barat, Drs. Jimmie Dima.M.M mengatakan untuk memberi perlindungan  perempuan dan anak akibat pemerkosaan dan kekerasan dalam rumah tangga (KDRT) maka pihaknya mendirikan rumah aman bagi korban kekerasan tersebut.

Hanya saja rumah aman yang ada sekarang dilingkungan perkantoran itu belum memenuhi syarat lengkap. Karena itu pihaknya sedang mengupayakan mendapatkan rumah aman lebih layak ke depan.

Ia menyebutkan pada tahun 2024 menangani 4 orang. Sedangkan untuk tahun 2021 ini belum ada.

Demikian disampaikan Kepala Dinas KPAI Kabupaten Sumba Barat, Drs.Jimmie Dima, M.M di ruang kerjanya, Kamis (17/6/2021).

Menurutnya, berdasarkan pengalaman penanganan kasus selama ini, lebih dominan terjadi karena tindakan kekerasan dalam rumah tangga ( KDRT). Selain itu juga kasus pemerkosaan dan penelantaran anak.

Keadaan itu terjadi karena faktor budaya yang memberi ruang kaum laki-laki lebih dominan daripada perempuan itu. Pola pikir demikian, secara perlahan dirubah melalui pemberian pemahaman pentingnya perlakuan setara antara kaum pria dan wanita. Untuk mendukung hal itu maka pihaknya menyediakan anggaran reponsif gender sebagai salah satu upaya pemerintah memberi pencerahan kepada masyarakat betapa pentingnya menjaga kesamaan dan kesetaraan antara laki-laki dan perempuan juga perlindungan terhadap anak dari tindakan kekerasan.

Lebih lanjut, ia mengatakan, untuk menangani spesifik korban kekerasan perempuan dan anak melalui rumah aman ini maka pihaknya selalu bekerjasama lintas sektoral termasuk kepolisian demi memberi rasa aman bagi korban. Dan untuk pemulihan traumatis korban, pihaknya juga mendatangkan konseling. Kondisi itu tetap berjalan hingga 2021 ini.(pet)

Kadis KPAI Kabupaten Sumba Barat, Drs.Jimmie Dima, M.M 
Kadis KPAI Kabupaten Sumba Barat, Drs.Jimmie Dima, M.M  (pk/petrus piter)
Sumber: Pos Kupang
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved