Breaking News:

Berita Belu Bersinar

Kadis Kominfo Belu Akui Peran Media Membantu Kerja Pemerintah

peran media sangat strategis dalam membantu kerja-kerja pemerintah.media berperan menyampaikan informasi kepada masyarakat tentang seluruh program dan

Penulis: Teni Jenahas | Editor: Ferry Ndoen
POS KUPANG.COM/TENI JENAHAS
KADIS---Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Belu, Johanes Andes Prihatin, SE, M.S 

Kadis Kominfo Belu Akui Peran Media Membantu Kerja Pemerintah

Laporan Reporter POS KUPANG. COM, Teni Jenahas

POS KUPANG.COM| ATAMBUA----Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Belu, Johanes Andes Prihatin, SE, M. Si mengakui, peran media sangat strategis dalam membantu kerja-kerja pemerintah. 

Sebab, media berperan menyampaikan informasi kepada masyarakat tentang seluruh program dan kegiatan pemerintah. 
Media juga mampu mengedukasi masyarakat untuk suatu tujuan yang baik (fungsi sosial) serta berperan sebagai tanda peringatan awal atau early warning bagi pemerintah (fungsi kontrol). 

Bila pemerintah bekerja belum sesuai, maka pers memberikan masukan dan masukan itu disampaikan lewat cara yang benar sesuai amanat UU Pers dan kode etik jurnalistik. Berbeda dengan masukan yang disampaikan melalui media sosial yang terkadang tidak kontrol, tidak terukur bahkan menyerang privasi orang lain. 

Kadis Kominfo, Johanes Andes Prihatin mengatakan hal itu saat tampil sebagai pembicara dalam workshop Tanggap Ancaman Narkoba yang diselenggarakan Badan Narkotika Nasional (BNN) Kabupaten Belu, di Hotel Matahari, Rabu 16 Juni 2021. Peserta workshop ini adalah wartawan dan komunitas yang diwakili putri Belu. 

Dikatakannya, selama dua tahun menjadi Kadis Kominfo Kabupaten Belu, ia banyak belajar tentang komunikasi dan pada akhirnya ia juga memahami peran media itu sangat strategis dalam membantu kerja-kerja pemerintah. 

"Selama dua tahun menjadi kepala Dinas Kominfo, saya mengakui peran media sangat strategis dalam membantu kerja-kerja pemerintah", ungkap Jap, demikian sapaan Kadis Kominfo yang juga Plt.Asisten Pemerintah dan Kesra Sekda Belu ini.

Jap yang menyajikan materi tentang Komunikasi Media itu mengulas lebih awal tentang komunikasi efektif. Komunikasi dapat dikatakan efektif apabila pesan yang disampaikan pengirim pesan dipahami oleh penerima. Dalam konteks Media, maksud dan tujuan berita yang disajikan itu dapat dipahami oleh pembaca.  

Lanjut Jap, kekuatan pembangunan suatu wilayah perlu didukung oleh seluruh elemen dan media atau pers menjadi salah satu unsur dalam kekuatan pembangunan tersebut. Memposisikan media sebagai salah satu kekuatan pembangunan bukan tanpa dasar. Katanya, dalam teori perubahan dikenal dengan konsep pantahelix yang mana pemerintah, akademisi, komunitas dan media bersatu padu dan berkomitmen untuk membangun daerah termasuk dalam ruang lingkup BNN. 

Jap mengapresiasi BNN Kabupaten Belu yang telah melibatkan unsur media dan komunitas dalam mengkampanyekan gerakan tanggap ancaman narkoba di Kabupaten Belu. Komitmen dan sinergi antara satu unsur dengan unsur lainnya menjadi kunci utama menuju suatu keberhasilan. Gerakan yang dilakukan bersama (together) ini memberikan sesuatu yang bermakna (meaningful) dan bermanfaat (useful) bagi BNN dan masyarakat Belu. (jen). 

KADIS---Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Belu, Johanes Andes Prihatin, SE, M.S
KADIS---Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Belu, Johanes Andes Prihatin, SE, M.S (POS KUPANG.COM/TENI JENAHAS)
Sumber: Pos Kupang
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved