Breaking News:

China Dibuat Dongkol , Kelompok Kapal Induk AS Kembali Masuk Laut China Selatan, Ini Tujuan US Navy

Kehadaran kelompok tempur dari Armada Ke Tujuh US Navy itu membuat China dongkol lagi Rombongan kapal perang Amerika Serikat (AS) yang dipimpin oleh k

Editor: Alfred Dama
YouTube
Kapal Induk USS Ronald Reagan 

POS KUPANG.COM -- Setelah meninggalkan kawasan Laut China Selatan, kini kelompok kapal induk kembali memasuki kawasan Laut China Selatan

Kehadaran kelompok tempur dari Armada Ke Tujuh US Navy itu membuat China dongkol lagi
Rombongan kapal perang Amerika Serikat (AS) yang dipimpin oleh kapal induk USS Ronald Reagan dilaporkan telah memasuki Laut China Selatan pada hari Selasa (15/6) sebagai bagian dari misi rutin.

Kehadiran militer AS di perairan tersebut tentunya akan segera mendapatkan respon keras dari China yang mengklaim sebagian besar wilayah Laut China Selatan.

Melansir Reuters, Angkatan Laut AS melaporkan bahwa selama berada di Laut China Selatan rombongan tersebut akan melakukan operasi keamanan maritim.

Baca juga: China Gigit Jari, Kira Didukung Indonesia Akui Milik Laut China Selatan Sogok dengan Vaksin Sinovac

Baca juga: Pakar Singapura IngatkanChina JanganCoba-coba dengan Indonesia di Laut China Selatan ,RI Siap Perang

Baca juga: China Tersenyum , Kapal Induk Amerika Tinggalkan Laut China Selatan ke Laut Arab

Baca juga: Inggris Kirim PesanTegas ke China,Negeri Ratu Elisabeth Kirim Grup Kapal Induk keLaut China Selatan

Baca juga: Hujamkan Ribuan Amunisi ke Sasaran, China Gelar Latihan Tembak di Laut China Selatan, AS Was-was?

Operasi itu meliputi operasi penerbangan dengan pesawat, latihan serangan maritim, dan pelatihan taktis terkoordinasi antara unit darat dan udara.

"Operasi kapal induk di Laut Cina Selatan adalah bagian dari kehadiran rutin Angkatan Laut AS di Indo-Pasifik," ungkap Angkatan Laut AS dalam pernyataan resminya.

Kapal induk USS Ronald Reagan datang ditemani kapal penjelajah berpeluru kendali USS Shiloh dan kapal perusak berpeluru kendali USS Halsey

China kerap kali menyatakan keberatannya atas misi militer AS di Laut China Selatan. China menyebut AS sama sekali tidak membantu mempromosikan perdamaian atau stabilitas.

Kunjungan militer AS kali ini juga bertepatan dengan momen KTT G7 di mana negara anggotanya kompak "memarahi" China atas berbagai masalah, termasuk upaya monopoli Laut China Selatan.

Bukan rahasia lagi bahwa China telah meningkatkan kehadiran militernya di Laut China Selatan dalam beberapa tahun terakhir, termasuk membangun pulau buatan dan pangkalan udara.

Laut Cina Selatan telah menjadi salah satu titik panas dalam hubungan antara China dan AS. Pemerintah AS tegas menolak klaim teritorial China atas Laut China Selatan, menganggapnya telah melanggar hukum laut internasional.

China masih belum merespons kehadiran rombongan kapal induk AS kali ini, namun dalam waktu dekat pemerintah di Beijing diyakini akan segera mengeluarkan teguran.*

Sebagian artikel ini sudah tayang di Kontan.co.id dengan judul: Rombongan kapal induk AS kembali hadir di Laut China Selatan dalam misi rutin 

Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved