Breaking News:

Renungan Harian Katolik

Renungan Harian Katolik, Minggu 13 Juni 2021: Tumbuh dan Berbuah!

Sifat Gereja itu Katolik yakni universal atau umum, terbuka untuk semua orang. Gereja Kristus menyelamatkan semua orang dan siapa saja.

Editor: Agustinus Sape
Dok Pribadi
RD Eman Kiik Mau 

Renungan Harian Katolik, Minggu 13 Juni 2021: Tumbuh dan Berbuah! (Mrk 4:26-34)

Oleh: RD. Eman Kiik Mau

POS-KUPANG.COM - Sifat Gereja itu Katolik yakni universal atau umum, terbuka untuk semua orang. Gereja Kristus menyelamatkan semua orang dan siapa saja.

Sebagaimana benih di ladang, demikian pula Injil memiliki daya tumbuh yang tak dapat dirintangi, tetapi perlulah matang lebih dahulu dan hancur sebentar untuk dapat menghasilkan buah pada waktunya.

Sebagai umat beriman yang setia dan percaya kepada Tuhan, hendaknya kita perlu tumbuh dan berbuah dengan mengambil sumber yang mengalir dari Ekaristi. Itulah sebabnya Beato Carlo Acutis mengatakan bahwa Ekaristi adalah Jalan Tol Menuju Surga!

Kerajaan Allah itu seperti benih yang dikumpulkan. Itu adalah yang terkecil dari semua benih. Namun begitu ditanam, ia tumbuh menjadi lebih besar dari segala sayuran yang lain dan mengeluarkan cabang-cabang besar sehingga burung-burung di udara dapat berlindung di bawah naungannya.

Di mana Kerajaan Allah itu? Itu adalah rahasia keselamatan Allah yang melampaui pemahaman manusia. Oleh karena itu, Kerajaan Allah dilukiskan dalam perumpamaan seperti biji sesawi yang kecil yang bisa menjadi besar dalam diri orang beriman. Benih itu ditanam di dalam hati kita.

Kita semua dipanggil untuk menumbuhkan benih Kerajaan Allah. Kita diajak untuk menumbuhkan benih iman kita dalam hidup kita setiap hari agar semakin berkenan di hadapan Tuhan. Benih itu akan tetap kecil dan tak berarti kalau itu didiamkan dan tak dikembangkan.

Tuhan yang memegang hari esok. Oleh karena itu, kita hidup untuk hari ini. Seperti terbitnya matahari di pagi hari, sebab ada perlindungan dan kekuatan pada setiap hari, kekuatan untuk setiap kelemahan, harapan untuk setiap kesedihan, penghiburan untuk setiap dukacita, sinar mentari dan kegembiraan setelah hujan.

Tuhan yang memegang hari esok, mempunyai rencana untukmu dan untukku, walaupun dalam kegagalan kita akan ikut percaya kepada Tuhan, walaupun mata kita tak melihat. Sebab hidup kami ini adalah hidup karena percaya, bukan hidup karena melihat, demikian kata Rasul Paulus hari ini.

Berpeganglah pada janji berkat Tuhan, tenanglah dalam sentuhan tangan-Nya, percayalah akan perlindungan kasih Tuhan, mengetahui bahwa jalan hidup kita semua ada dalam rencana Tuhan.

Selamat Hari Minggu. Tuhan memberkati. Amin.*

Simak juga video renungan harian katolik berikut:

Akses artikel-artikel renungan harian katolik lainnya DI SINI

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved