Breaking News:

Bupati Kodi Mete Bersama Kelompok Tani  Homba Kawango Tanam Bawang Merah Lokananta

menanam bawang merah jenis lokananta seluas 3 ha  di Desa Kapaka Mandeta di Kecamatan Kodi, Kabupaten Sumba Barat Daya

Penulis: Petrus Piter | Editor: Rosalina Woso
POS KUPANG.COM/PETRUS PITER
Bupati Kabupaten Sumba Barat Daya, drg.Kornelius Kodi Mete bersama kelompok tani Homba Kawango menanam bawang merah jenis lokananta di Desa Kapaka Mandeta, SBD, Jumat 11 Juni 2021)  

Bupati Kodi Mete Bersama Kelompok Tani  Homba Kawango Tanam Bawang Merah Lokananta di Kapaka Mandeta, SBD

POS-KUPANG.COM|TAMBOLAKA--Bupati Kabupaten Sumba Barat Daya, dr.Kornelius Kodi Mete bersama kelompok tani Homba Kawango menanam bawang merah jenis lokananta seluas 3 ha  di Desa Kapaka Mandeta di Kecamatan Kodi, Kabupaten Sumba Barat Daya, Jumat 11 Juni 2021.

Dalam arahanya, Bupati Kornelius Kodi Mete mengatakan tanaman komoditi  bawang merah harus menjadi salah satu komoditi unggulan baru di daerah ini. Hal itu karena memiliki nilai ekonomis sangat tinggi. Dan Sumba Barat Daya cocok mengembangan komoditi  bawang merah tersebut. Apa yang kita lakukan hari ini Jumat, 11 Juni 2021 menjadi motivasi bagi petani lain di SBD untuk mengembangkan tanaman bawang merah.

Apalagi bawang merah merupakan salah satu  bahan bumbu makanan  setiap hari maka bawang merah  harus selalu ada dan perlu dibudidayakan.

Demikian arahan Bupati Kabupaten Sumba Barat Daya, dr.Kornelius Kodi Mete pada acara tanam bawang merah jenis Lokananta di Desa Kapaka Mandeta, Kecamatan Kodi, Sumba Barat Daya, Jumat 11 Juni 2021.

Menurutnya, selama ini kebutuhan bawang merah dan jenis bahan bumbu makanan lainnya dipasok dari Bima, NTT. Ke depan, petani Sumba Barat Daya harus mampu memenuhi kebutuhan bawang merah bagi warga SBD khususnya dan warga Sumba umumnya  bahkan bisa memasok untuk kebutuhan nasional.

Lebih lanjut, Bupati Kodi Mete mengatakan, penanaman bawang merah merupakan kegiatan pengentasan  daerah rentan rawan pangan pertanian  keluarga tahun 2021 sebagai langkah  mewujudkan program strategis daerah desa nerkecukupan pangan.

Lahan pertanian kelompok tani Homba Kawango juga akan ditanam tomat seluas 1 Ha,  cabe rawit 1 ha,  terong 1 ha,  wortel 1 ha dan pemeliharaan ikan lele 6.500 ekor  dan ikan nila sebanyak 1.000 ekor.

Mengakhiri sambutannya, Bupati Kornelius Kodi Mete meminta para petani harus rajin dan tekun menggeluti usaha ini sehingga hasil yang diperoleh memuaskan. (Laporan Reporter POS-KUPANG.COM, Petrus Piter)

Sumber: Pos Kupang
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved