Breaking News:

Bantuan Alsinta Terus Mengalir ke Kabupaten Sumba Tengah 

alsintan yang diandalkan dalam pengolahan lahan sawah dan kebun sebelum tanam untuk mendapatkan kualitas tanah yang baik

POS KUPANG.COM/ISTIMEWA
Sepuluh unit traktor besar roda 4 bantuan Presiden RI, Joko Widodo tiba di Sumba Tengah, Selasa 8 Juni 2021 

Bantuan Alsinta Terus Mengalir ke Kabupaten Sumba Tengah 

POS KUPANG. COM| WAIBAKUL --Pasca kunjungan Presiden Joko Widodo di Kabupaten Sumba Tengah, 23 Februari lalu,  bantuan Alat Mesin Pertanian (Alsintan) terus mengalir ke kabupaten yang sedang mengembangkan food estate itu. 

Alsinta  menjadi salah satu bagian penting dalam upaya menggenjot produksi pertanian untuk mencapai ketahanan pangan nasional. Traktor adalah salah satu alsintan yang diandalkan dalam pengolahan lahan sawah dan kebun sebelum tanam untuk mendapatkan kualitas tanah yang baik.

Pada Selasa 8 Juni 2021 Kabupaten Sumba Tengah kembali mendapat bantuan Alsintan berupa traktor besar roda 4 sebanyak 10 unit merek Kioti tipe DK4510.

Kesepuluh traktor besar tersebut dikirim dari Surabaya, Jawa Timur menggunakan transportasi laut dan dikirim secara bertahap dimana sebelumnya pada Senin 7 Juni 2021 dikirim 5 unit dan pada Selasa 8 Juli 2021 dikirim lagi 5 unit, sehingga menjadi 10 unit.

Bupati Sumba Tengah, Drs. Paulus SK Limu yang dihubhngi, Jumat 11 Juni 2021 mengatakan sepuluh unit traktor roda 4 tersebut  merupakan bantuan dari Presiden Joko Widodo melalui Direktorat Jenderal Tanaman Pangan Kementerian Pertanian kepada masyarakat dan petani di Kabupaten Sumba Tengah untuk dimanfaatkan dan dipergunakan dengan sebaik mungkin guna mengolah lahan pertanian yang dimiliki.

"Saat berkunjung ke Sumba Tengah Bapak Presiden bertanya, Pak Bupati minta apa,  dan saya jawab minta traktor dan bendungan. Tiga kali Bapak Presiden tanya, saya tetap jawab permintaan yang sama. Bapak Presiden ketawa dan berjanji akan membantu. Hasilnya sudah banyal Alsinta yang masuk ke Sumba Tengah, "kata Bupati Paul Limu. 

Sebelumnya, pada  September 2020 lalu Kabupaten Sumba Tengah mendapat bantuan serupa yaitu 10 unit traktor roda 4 untuk brigade untuk mendukung program TJPS yang digagas oleh Gubernur NTT, lalu disusul pada Oktober 2020 bantuan traktor roda 4 sebanyak 10 unit dari Kementerian Pertanian RI guna menunjang dan mendukung program Food Estate. Dengan bertambahnya 10 unit traktor besar, maka total  keseluruhan traktor roda 4 saat ini berjumlah 17 unit.

Traktor Kioti merupakan traktor yang diproduksi dari Negara Korea Selatan. Saat ini Traktor Kioti type DK4510 sudah memiliki populasi yang cukup banyak di Indonesia. Banyak petani yang sudah menggunakan traktor ini untuk mengolah lahan sawah dan lahan pertanian lainnya.

Traktor Kioti didesain khusus untuk traktor pertanian dengan bobot yang sangat sesuai untuk areal pertanian yang memudahkan pengoperasian dan juga perawatan.

Bupati Paul Limu menyampaikan terima kasih yang tulus kepada Presiden Joko Widodo atas bantuan traktor roda 4. 

"Atas nama masyarakat Kabupaten Sumba Tengah kami menyampaikan ucapan terima kasih yang tulus kepada Presiden Joko Widodo, karena cinta dan perhatiannya kami diberikan bantuan traktor roda 4 guna membantu kami untuk dimanfaatkan sebaik mungkin dalam mengerjakan lahan-lahan sawah dan kebun yang ada,"kata Bupati Paul Limu. 

Bupati Paul mengingatkan agar pengelolaan alsintan semuanya berjalan efektif dan tepat serta bertanggungjawab. Ke depan  perlu dibangun Unit Pelaksana Teknis Daerah (UPTD). 

"Saya sudah perintahkan kepada Dinas Pertanian agar segera melakukan kajian dan konsultasi ke Kupang terkait pembangunan UPTD agar bisa segera dibangun untuk dipergunakan dalam mengoptimalkan pengelolaan dan pemanfaatan alsintan secara tepat dan benar serta bertanggung jawab bagi para petani di Sumba Tengah," kata Bupati Paul Limu. (Laporan Reporter POS KUPANG.COM/Geradus Manyela) 

Penulis: Petrus Piter
Editor: Rosalina Woso
Sumber: Pos Kupang
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved