Breaking News:

Khasanah Islam

Dahsyatnya Ayat Kursi Surat Al Baqarah 255, Keagungan Kursi Allah SWT & Rahasia Bilangan Ayat Kursi 

Dahsyatnya Ayat Kursi Surat Al Baqarah 255, Keagungan Kursi Allah SWT & Rahasia Bilangan Ayat Kursi 

steemit.com
Dahsyatnya Ayat Kursi Surat Al Baqarah 255, Keagungan Kursi Allah SWT & Rahasia Bilangan Ayat Kursi  

Dahsyatnya Ayat Kursi Surat Al Baqarah 255, Keagungan Kursi Allah SWT & Rahasia Bilangan Ayat Kursi 

POS-KUPANG.COM- Ayat Kursi merupakan ayat paling agung dan paling mulia dalam Alquran.

Ayat Kursi disebut ayat Singgasana karena mengandung keesaan dan kekuasaan mutlak Allah SWT.

Diriwayatkan oleh Muhammad Bin Al-Hanafiyah, Ayat Kursi diturunkan kepada Rasulullah Muhammmad SAW  pada malam hari. Saat itu juga Rasulullah SAW  memanggil Zaid Bin Tsabit untuk menulisnya.

Muhammad Bin Al-Hanafiyah bahwa sesudah ayat kursi turun, seluruh berhala di dunia berjatuhan, seluruh malaikat bersujud, seluruh penguasa menjatuhkan wajahnya ke bumi, mahkota yang tersungging di kepala para pembesar berjatuhan, syetan berlarian kebingungan, bertabrakan, takut dan kepanasan.

Baca juga: Bacaan Lengkap Ayat Kursi Tulisan Arab dan Artinya, Ini Keutamaan & Cara Mengamalkan Ayat Singgasana

Baca juga: Luar Biasa, Ini Keistimewaan Ayat Kursi, Keagungannya Melebihi Langit dan Bumi, Dijaga dari Setan

Kemudian para syetan melapor kepada Iblis memberi tahu keadaan dunia yang menggemparkan. Sang Iblis memerintahkan para syetan untuk mencari tahu apa penyebabnya. Maka para syetan berdatangan ke Madinah di mana Rasulullah SAW  tingggal. Mereka mendapat berita bahwa “Ayat Kursi” telah diturunkan Allah SWT di Madinah dan itulah penyebab utamanya huru-hara tersebut

Kagungan Kursi Allah SWT

Rasulullah SAW  berkata kepada Abu Dzar: Hai Abu Dzar, perbandingan langit yang tujuh dan bumi yang tujuh dengan ayat kursi itu bagaikan lingkaran yang diletakkan di padang luas. Bumi dan langit ibarat lingkaran kecil dan ayat kursi adalah padang luas membentang yang tidak berujung. Perbandingan langit yang tujuh digabung dengan bumi yang tujuh dan kursi di satu sisi dengan ‘Arsyullah (‘Arsy) di sisi lain bagaikan lingkaran di tengah padang luas. Keutamaan Arsy dengan Kursi seperti keutamaan padang luas dengan lingkaran kecil.

Imam Ali Bin Abi Tholib berkata ; “Kursi Allah adalah berlian dan pena (kalam) Allah juga berlian. Panjang pena sama dengan perjalanan 70 tahun dan panjang kursi tidak diketahui kecuali orang-orang yang diberi ilmu”. Ikrimah berkata ; “Matahari merupakan satu bagian dari 70 cahaya Kursi sedangkan Kursi merupakan satu bagian dari 70 cahaya Arsy”.

Baca juga: Mengapa Ayat Kursi Surat Al Baqarah 255 Disebut Ayat Singgasana? Ini Penjelasan Ulama dan Kemenag

Baca juga: Rahasia Besar Ayat Kursi Tak Banyak Diketahui,Ayat Paling Agung,17 Kali Kata Menunjuk pada Allah SWT

C. BILANGAN DALAM AYAT KURSI.

Setiap bilangan yang ditentukan oleh Allah SWT mempunyai nilai keberkahan yang luar biasa. Bilangan-bilangan yang telah ditetapkan Allah SWT dan Rasulullah SAW  dalam berbagai keterangan sungguh sangat banyak dan semua itu terkait dengan rahasia kebesaran Allah SWT. Jika kita mengikutinya maka rahasia itu dengan seizin-Nya akan terbuka, misalnya : Al Quran  terdiri dari 144 surat, 6236 ayat, 77.437 kata dan 340.740 huruf, dengan surat yang terpanjang adalah surat Al-Baqarah terdiri dari 286 ayat. Jumlah para Rasul 313 orang. Jumlah para Nabi 120.000 orang. Jumlah pasukan Perang Badar 313 orang, dll.

Begitu juga dengan ayat kursi yang terdiri dari 9 anak kalimat sempurna, 50 kata dan 187 huruf bukanlah suatu kebetulan. Disunnahkan membacanya di waktu pagi, petang, sebelum tidur dan saat mendo’akan orang sakit (ruqyah).

Diriwayatkan oleh Ibnu Saad dan dinilai shahih oleh Ibnu Hajar dalam al Ishabah bahwa Abu Hurairah setiap hari membaca tasbih sebanyak 12000 kali.

Berapa kalikah sebaiknya membaca ayat kursi ? ulama ahli hikmah mengatakan bahwa ; amaliyah ayat kursi memiliki bilangan khusus yaitu , 3, 7, 9, 11, 41, sampai 70.000 kali. Jumhur Ulama banyak yang menyarankan untuk mengamalkannya sebanyak 1000 kali setiap siang dan malam. Tidak ada orang yang mengetahui sebuah rahasia sebelum mengalami.(*)

Berita terkait ayat Kursi

Editor: Adiana Ahmad
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved