Breaking News:

Kadis Kesehatan TTU Atur Strategi Baru Percepat Pelaksanaan Vaksinasi Covid-19

Kadis Kesehatan TTU Atur Strategi Baru Percepat Pelaksanaan Vaksinasi Covid-19

Penulis: Dionisius Rebon | Editor: OMDSMY Novemy Leo
POS-KUPANG.COM/DIONISIUS REBON
Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten TTU, Thomas Laka, Senin, 24/05/2021 

POS-KUPANG.COM | KEFAMENANU-- Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Timor Tengah Utara, Thomas Laka, mengakui bahwa pelaksanaan Vaksinasi Covid-19 berjalan lambat.

Oleh karena itu, pihaknya telah membangun koordinasi dengan Dandim 1618/TTU, Kapolres TTU dan Kajari TTU, untuk menerapkan strategi baru mempercepat pelaksanaan Vaksinasi di Kabupaten TTU.

"Kondisi di TTU, kalau ada informasi bahwa presentase cakupan masih rendah, mungkin okey, tapi langkah yang kita buat itu adalah kita buatkan jadwal satu Minggu.

Jadi, vaksin yang misalnya masuk hari ini, besok lusanya dan seterusnya kita habiskan vaksin pertama itu," ujarnya saat ditemui POS-KUPANG.COM di ruang kerjanya, Senin, 24 Mei 2021.

Menurut Thomas, strategi pelaksanaan Vaksinasi Covid-19 pada tahun sebelumnya dirasa kurang tepat. Pasalnya, Dinas Kesehatan TTU memberikan data sesuai kuota.

Dengan demikian, pihaknya berencana menerapkan strategi pelaksanaan vaksinasi dengan menghabiskan seluruh dosis vaksin sesuai jumlah data penerima vaksin yang dicover.

Lebih lanjut disampaikan orang nomor satu Dinas Kesehatan Kabupaten TTU ini bahwa, dalam pertemuan dengan Kapolres TTU, Dandim 1618/TTU dan Kajari TTU bahwa, dirinya memperoleh cukup banyak masukan terkait strategi pelaksanaan vaksinasi Covid-19.

TNI dan Polri, tutur Thomas, bersedia membangun koordinasi untuk mempercepat pelaksanaan Vaksinasi di Kabupaten TTU.

"Koordinasi yang dimaksud itu adalah, mungkin setiap kali di titik kegiatan, di titik mana akan dilakukan vaksinasi, saya juga perlu menyampaikan kepada Pak Dandim dan Pak Kapolres terkait schedule itu, untuk penggerakan sasaran," bebernya.

Dengan demikian, aparat TNI-Polri siap untuk menggerakkan sasaran memenuhi kuota yang sesuai dengan rencana jumlah yang telah ada di dalam schedule.

Selain itu, pihaknya berencana memberikan vaksinasi secara menyeluruh dan serentak pada 6 kecamatan di Kabupaten TTU, dengan sasaran yang sudah ditentukan.

Perihal data sasaran penerima vaksin Covid-19 di TTU, Thomas menerangkan, sejak pertama kali dilaksanakan sebanyak 3600 orang tenaga kesehatan telah menerima vaksin.

Selain itu, sekitar 4000-an orang telah diberikan vaksin Covid-19 di TTU. Jumlah tersebut mencakup; anggota DPRD, para guru TK, SD, SMP dan SMA, Lansia, Tokoh Agama, ASN/PTT, TNI-Polri, Kejaksaan, Pengadilan, Petugas Publik lainnya, Keluarga besar TNI, dan petugas pelayanan publik.

"Jadi total seluruhnya dengan Nakes yang sudah dicover sekitar 8000-an sasaran untuk dosis I dan dosis II," tutup Thomas. (Laporan Reporter POS-KUPANG.COM, Dionisius Rebon)

Sumber: Pos Kupang
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved