Breaking News:

Berita Kupang Kota Kasih

Walikota Kupang Sebut Dana Tunggu Hunian Bagi Korban Seroja Sudah Disalurkan

Walikota Kupang Jefri Riwu Kore mengatakan Dana Tunggu Huninan (DTH) bagi korban terdampak berkategori rusak berat telah disalurkan oleh peme

Editor: Ferry Ndoen
istimewa
walikota Kupang Jefri Riwu Kore saat menerima penghargaan API 2020 di labuan Bajo, Manggarai Barat. 

Walikota Kupang Sebut Dana Tunggu Hunian Bagi Korban Seroja Sudah Disalurkan

POS-KUPANG.COM | KUPANG - Walikota Kupang Jefri Riwu Kore mengatakan Dana Tunggu Huninan (DTH) bagi korban terdampak berkategori rusak berat telah disalurkan oleh pemerintah pusat ke rekening penerima bantuan tersebut.

Jefri menyebutkan dana tersebut telah disalurkan setelah melalui rangkaian verifikasi berkas yang dilakukan oleh pemerintah kota Kupang. Saat ini penerima telah mengambil DTH melalui bank penyalur yakni Bank Rakyat Indonesia (BRI).

"Sudah disalurkan langsung, kita tidak salurkan. Sudah ambil semua, langsung dari Bank BRI," tegasnya, Rabu 2 Juni 2021 malam usai menghadiri rapat paripurna LKPj di gedung DPRD kota Kupang.

Ia mengungkapkan, total penerima bantuan DTH ini berjumlah 737 orang dengan jumlah dana 1 miliar lebih.

Walikota Jefri juga mengaku proses lahan relokasi sedang dikerjakan dengan target lahan 11 hektar. Lahan, kata dia, masih 4,6 hektar. Jika lahan tak kunjung sesuai targetan, Pemkot akan membeli lahan lain untuk menggenapi target 11 hektar.

Selain menjelaskan perihal DTH dan lahan relokasi, ia menambahkan, penyerapan anggaran di tingkat daerah yang diketahui masih rendah dalam penyerapan, Jefri mengklaim di pemkot Kupang penyerapan justru lebih tinggi dari kabupaten/kota lainnya di NTT.

Dia menargetkan tanggal 21 Juni semua proses lelang akan selesai. Untuk mempercepat anggaran dirinya telah berkoordinasi dengan sejumlah OPD untuk mempercepat pelelangan.

"DAK, DAU sudah jalan, yang lain sedang di proses lelang hampir semua. Kita punya belanja modal paling banyak," katanya.

Sebelumnya, presiden Joko Widodo membeberkan penyerapan anggaran belanja dari anggaran Belanja dan Pendapatan Daerah (APBD) dan APBN masih di bawah 10 persen di hampir semua daerah di Indonesia.

Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan kota Kupang Dumuliahi Djami mengaku realisasi anggaran di dinas P dan K pada bulan Juni 2021 atau bulan depan akan dicairkan oleh pihaknya.

"Sementara memang gaji dan honor saja, untuk DAU, DAK, buku, seragam dan Android itu sementara berproses di bagian pengadaan," katanya, Jumat 28 Mei 2021 di ruang kerjanya. (Laporan reporter POS-KUPANG.COM, Irfan Hoi)

walikota Kupang Jefri Riwu Kore saat menerima penghargaan API 2020 di labuan Bajo, Manggarai Barat.
walikota Kupang Jefri Riwu Kore saat menerima penghargaan API 2020 di labuan Bajo, Manggarai Barat. (istimewa)

Sumber: Pos Kupang
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved