Breaking News:

Trash Hero Larantuka dan SMAK St. Fransiskus Asisi Peringati Hari Lahir Pancasila

doa dan orasi Pancasila, dilanjutkan dengan pementasan Tari Hedung, parade pentahtaan bendera merah putih dan lambang pancasila

POS KUPANG.COM/ISTIMEWA
Pose bersama setelah kegiatan SMAK St. Fransiskus Asisi 

Trash Hero Larantuka dan SMAK St. Fransiskus Asisi Peringati Hari Lahir Pancasila dengan Pementasan, Edukasi dan Aksi Bersih 

POS-KUPANG.COM | KUPANG -- Komunitas Trash Hero Larantuka menyelenggarakan kegiatan berupa pementasan, edukasi dan aksi bersih dalam rangka memperingati Hari Lahir Pancasila yang jatuh pada tanggal 1 Juni 2021.

Berdasarkan rilis yang diterima POS-KUPANG.COM, kegiatan yang juga menyongsong hari lingkungan hidup ini terselenggara berkat koloborasi antara SMAK St.Fansiskus Asisi Larantuka dan komunitas Trash Hero Larantuka di tempat wisata Pantai Asam Satu - Weri, Larantuka, Selasa,1 Juni 2021.

Komunitas Trash Hero Larantuka sendiri merupakan bagian dari keluarga besar Trash Hero World dan Trash Hero Indonesia yang bergerak di bidang edukasi lingkungan hidup melalui aksi bersih dan kampanye pengurangan sampah terutama sampah plastic yang dimulai dari sumbernya.

Kegiatan dibuka dengan doa dan orasi Pancasila, dilanjutkan dengan pementasan Tari Hedung, parade pentahtaan bendera merah putih dan lambang pancasila, cerita tentang sejarah lahirnya pancasila

Selain itu, pengucapan teks pancasila dalam dua bahasa yakni bahasa Indonesia dan bahasa Lamaholot, monolog tentang akibat sampah plastik yang merusak bumi oleh salah satu guru SMA Fransiskus Asisi, sepatah kata dua dan perkenalan dari Trash Hero Larantuka tentang segala kegiatan yang dibuat oleh TraSh Hero Larantuka

Ada juga persembahan musikalisasi puisi tentang pancasila dari para guru SMA Fransiskus Asisi, fashion show busana daerah dan busana daur ulang dari sampah plastik, orasi dari Trash Hero Larantuka berupa pentas edukasi untuk mengurangi sampah plastik dengan bahasa indonesia, bahasa melayu Nagi dan bahasa Lamaholot dan diakhiri dengan aksi bersih di skitar tempat kegiatan.

Koordinator Trash Hero Larantuka, Fatima Ola berujar, kegiatan ini bertujuan untuk mengajak semua orang agar lebih peduli dengan lingkungan dengan cara pengurangan penggunaan sampah plastik dan tidak membuang sampah sembarangan.

"Mengenang hari lahirnya pancasila, kita harus bisa menjadi menusia yg adil dan beradab. Bukan hanya utk manusia dan sesama tetapi juga untuk alam dan lingkungan," tegas Ola dalam sambutannya.

Sementara para siswa SMA Fransiskus Asisi mengikuti kegiatan ini dibawah asuhan Maria Natalia Ana Yusti, 
Katharina Katona Da Costa dan
Marselina Ina.

Trash Hero Larantuka, hingga akhir Mei 2021 telah melakukan 41 kali aksi bersih yang beberapa kali disertai edukasi ke berbagai tempat seperti pantai, mata air maupun taman dan telah mengumpulkan 2.043 kilogram sampah plastik sehingga dapat mencegah sampah-sampah tersebut mencemari laut, tanah, sungai dan ruang publik lainnya.(Laporan Reporter POS-KUPANG.COM, Michaella Uzurasi)

Penulis: Michaella Uzurasi
Editor: Rosalina Woso
Sumber: Pos Kupang
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved