Breaking News:

Begini Suasana Anak-Anak Perbatasan RI-RDTL Peringati Hari Lahir Pancasila Dalam Kesederhanaan

Mereka adalah anak-anak Sekolah Dasar (SD) dan remaja yang tinggal di Tahak Debunaruk, Desa Railor, Kecamatan Malaka Tengah.

Penulis: Edy Hayong | Editor: Rosalina Woso
POS-KUPANG.COM/EDI HAYONG
Anak-anak perbatasan RI-RDTL yang tergabung dalam "OKL Sreet Library" di Kabupaten Malaka, Provinsi NTT saat melaksanakan upacara Hari Lahirnya Pancasila, Selasa (1/6/2021). 

POS-KUPANG.COM I BETUN--Mengenang hari lahirnya Pancasila 1 Juni, beragam cara dilakukan. Ada yang melaksanakannya dengan cara virtual namun ada pula yang menggelar upacara di lapangan.

Begitu pula halnya dilakukan anak-anak perbatasan RI-RDTL yang tergabung dalam "OKL Sreet Library"  di Kabupaten Malaka, Provinsi  NTT. Mereka adalah anak-anak Sekolah Dasar (SD) dan remaja yang tinggal di Tahak Debunaruk, Desa Railor, Kecamatan Malaka Tengah.

Pakaian yang dikenakan mereka saat upacara bendera peringati Hari Lahir Pancasila cukup sederhana.

Mereka mengenakan pakaian rumah, serta mengikat pita melambangkan bendera Merah-Putih pada kepala masing-masing.

Prosesi upacara yang digelar sederhana itu, berlangsung singkat dengan suasana bahagia bagi mereka anak - anak yang tergabung dalam group OKL Street Library.

Salah satu tokoh pemuda yang merupakan Founder OKL Street Library, Oktavianus Klau Lekik kepada Wartawan di sela-sela kegiatan ini, Selasa 1 Juni 2021 mengatakan, dirinya dan rekan-rekan tak ingin melewatkan momen perayaan Hari Lahir Pancasila  khususnya upacara bendera.

Karena, berdasarkan Keputusan Presiden Nomor 24 Tahun 2016, Hari Lahir Pancasila diperingati setiap tanggal 1 Juni.

Seperti tahun 2021 ini, peringatan Hari Lahir Pancasila tahun ini masih dalam suasana pandemi Covid-19. 

"Anak-anak yang tergabung dalam "OKL Street Library" sangat gembira setelah mengikuti upacara peringati Hari Lahir Pancasila dan mereka sangat antusias," jelas Okto, Founder OKL Street Library.

Menurut Okto, anak-anak yang tergabung dalam OKL Street Library selama ini berada dalam  ruang lingkup yang kecil, kemudian jarang melihat hal yang berbaur warna-warni Indonesia.

Halaman
1234
Sumber: Pos Kupang
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved