Breaking News:

Bhabinkamtibmas Sulap Lahan Tidur Jadi Produktif Kapolres Satrya Apresiasi Bripka Sarmi

Bhabinkamtibmas sulap lahan tidur jadi produktif Kapolres Satrya apresiasi Bripka Sarmi

Editor: Kanis Jehola
POS-KUPANG.COM/RAY REBON
Kapolres Kupang Kota, AKBP Satrya Perdana P Tarung Binti, SIK dan Bhabinkamtibmas Bripka Samri Nenotek bersama warga kelompok tani Cahaya Tani sedang memanen padi di wilayah Oepura pada Sabtu 29 Mei 2021. 

Bhabinkamtibmas sulap lahan tidur jadi produktif Kapolres Satrya apresiasi Bripka Sarmi

POS-KUPANG.COM - Kapolres Kupang Kota AKBP Satrya Perdana P Tarung Binti, SIK pun bangga dengan prestasi dan kinerja Bripka Samri Nenotek ini dalam tugas dan pelayanannya kepada masyarakat.

"Saya sampai tidak bisa berkata-kata lagi karena apa yang dilakukan Samri luar biasa karena mengumpulkan petani dalam kelompok tani mengolah lahan tidur menjadi lahan produktif. Hasil nya pun dirasakan oleh masyarakat lain," ujar Kapolres Kupang Kota, Sabtu (29/5/2021) usai panen hasil pertanian itu.

Kapolres Satrya juga mengapresiasi terobosan Bripka Samri karena memberi dampak bagi kehidupan ketahanan pangan dan perekonomian masyarakat.

Baca juga: Yeskiel Loudoe Minta Maaf, Terkait Beredarnya Rekaman Berbau SARA

Baca juga: Promo Candy Fair Alfamart Senin 31 Mei 2021, Permen Mintz Black Rp 4.900, Milkita Lolipop Rp 10.400

Dia juga menyampaikan, lahan yang digarap tidak saja ditanami padi, namun pasca panen padi, lahan tersebut digarap lagi untuk tanaman jagung, sayuran serta kacang-kacangan sehingga lahan tersebut bisa digarap dan panen 4 kali dalam setahun.

Dia menyampaikan anggota Polri yang bertugas sebagai Bhayangkara Pembina Keamanan dan Ketertiban Masyarakat (Bhabinkamtibmas) di Polres Kupang Kota memiliki cara tersendiri membantu warga dan mengisi waktu luang di tengah pandemi Covid-19.

Bripka Samri Nenotek yang sehari-hari bertugas sebagai anggota Bhabinkamtibmas Kelurahan Oebufu mengisi waktu luangnya untuk bertani dan menggarap lahan kosong menjadi lahan pertanian yang menghasilkan.

Baca juga: Info Sport : Indonesia Keok Bentrok Oman, Timnas Masuk Juru Kunci Grup, Kata Pelatih Shin Tae-yong

Baca juga: Promo PSM Alfamart Hari Terakhir Senin 31 Mei 2021, Mie Sedap 5 Cuma Rp 10ribu, Aqua 2 Lebih Murah

Usai menjalankan tugas rutin, Bripka Samri Nenotek bertukar pakaian dan menggarap lahan pertanian di seputaran kelurahan Oepura, Kota Kupang. Ia menyewa lahan yang tidak dimanfaatkan masyarakat untuk menjadi lahan pertanian untuk ditanami padi.

Bripka Sarmi juga melibatkan salah satu rekannya, Saul Manit yang di PHK dari Toko Sinar Bangunan akibat pandemi Covid 19. Ia mengajak serta rekannya tersebut dan warga masyarakat untuk bertani dan menanam padi.

Mereka berbaur dengan warga masyarakat lainnya membersihkan lahan, menanam padi, membersihkan hama dan juga mengairi sawah dengan sistem pembagian air yang merata serta saling bergotong royong.

Dari hasil menggarap lahan pertanian ini, Bripka Samri Nenotek membagi hasilnya.
Sebagian diberikan kepada pemilik lahan, sebagian diperuntukkan bagi rekannya yang terkena PHK dan yang menjadi bagian bagi Bripka Samri Nenotek dibagikan kepada tetangganya yang merupakan seorang janda dan tidak memiliki penghasilan tetap serta beberapa warga kurang mampu di sekitar lingkungan tempat tinggalnya di Kelurahan Sikumana, Kota Kupang.

Sebagian dari hasil pertanian yang dikelola dalam 10 tahun terakhir ini dibagikan dengan pemilik lahan dan juga membantu warga kurang mampu.

Sejumlah petani di sekitar lahan garapannya juga merasa terbantu dengan kehadiran Bripka Samri Nenotek karena mereka bisa berbagi ilmu dan juga saling membantu saat menggarap lahan pertanian. Kesempatan bersama petani ini dimanfaatkan Bripka Samri Nenotek untuk menyampaikan pesan Kamtibmas.

Bagi Sarmi, bertani sudah menyatu dengan dirinya sejak menjadi anggota Bhabinkamtibmas dan menggarap lahan pertanian. Dia bertekad, kedepannya akan memperluas areal garapannya sehingga bisa membantu masyarakat yang mendapatkan banyak dampak akibat pandemi Covid-19.

Dia juga berharap dengan kegiatannya ini bisa membangun lumbung pangan bagi masyarakat kecil sesuai program kepolisian dalam bidang ketahanan pangan. (ray rebon)

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved