Jhoni Lumba Prediksi Jerman Vs Spanyol di Partai Final Piala Euro 2021

setiap tim memiliki kans untuk juara, mengapa? Pandemi covid-19 telah merubah semua sistem kompetisi di seluruh daratan Eropa

Editor: Rosalina Woso
Jhoni Lumba Prediksi Jerman Vs Spanyol di Partai Final Piala Euro 2021
ist
Dr. Jhoni Lumba

Jhoni Lumba Prediksi Jerman Vs Spanyol di Partai Final Piala Euro 2021

POS-KUPANG.COM | KUPANG -- Dosen Program Studi PJKR Universitas Kristen Arta Wacana (UKAW) Kupang, Dr. Joni Lumba menyebutkan pada partai final piala euro tahun 2021 akan mempertemukan dua tim nasional (timnas) yakni Jerman dan Spanyol. 

 "Walaupun sejumlah klub Jerman tak mampu menembus piala Champions dan liga Eropa namun kekuatan sejarah dan kompetisi yang teratur akan mengantar Tim Nasional yang berjuluk panzer akan memenangi pertandingan," jelasnya, Sabtu 29 Mei 2021 kepada pos Kupang. 

"Menurut saya untuk piala Euro 2021 setiap tim memiliki kans untuk juara, mengapa? Pandemi covid-19 telah merubah semua sistem kompetisi di seluruh daratan Eropa," tambahnya. 

Mantan atlet sepak bola NTT ini menjelaskan, kompetisi sepakbola yang sangat bergengsi antar negara-negara Eropa ibarat piala dunia (PD) di dunia Biru, namun serunya kompetisi ini akan sedikit terganggu oleh karena situasi dunia dengan adanya pandemi covid-19. 

"Apapun itu sepakbola telah menjadi bagian dari kehidupan para pemain dan semua stake holder yang mencintai bola," ujarnya.

Menurutnya, melihat final piala Champions 2021 yang akan mempertemukan sesama tim Inggris setidaknya kekuatan untuk piala Eropa sedikit nampak. Meski demikian hal itu bukan seutuhnya akan menjadi milik Inggris. 

Hal tersebut dikarenkan sejarah telah menceriterakan bahwa Timnas Inggris selalu saja tidak memberikan performa yang sangat maksimal di piala Eropa dan juga Dunia.

"Meski kompetisi sepakbola termasuk terbaik bersama Spanyol, Italia, Prancis, Jerman, Belgia, Denmark dan beberapa negara Eropa lainnya, seperti Yunani dan lainnya, tetapi ketika harus memperkuat negaranya dalam ajang seperti piala Eropa dan Dunia mereka selalu saja dikalahkan oleh dewi fortuna," urainya. 

Lebih jauh dia menerangkan, timnas yang akan meraih hasil yang maksimal pada Euro 2021 tentunya timnas yang kompetisinya berjalan secara baik dan rerata pemain Nasional selalu berlaga dalam tim utama di setiap liga. 

Selanjutnya, timnas yang memiliki track record yang baik selama berlangsungnya piala Euro dan timnas yang sejumlah pemain terbaiknya berlaga di liga-liga Eropa seperti di Spanyol, Italia, Inggris, Jerman, Prancis dan lainnya.

Namun demikian, tradisi piala Euro ini sangatlah berbeda, terkadang tim yang di negaranya kompetisi tidak begitu baik, namun saat Piala Euro justru negaranya yang sering tampil sebagai pemenang.

"Sejarah Piala Euro akan menjadi kekuatan terbesar untuk liga-liga terbaik dari negaranya yang akan tampil sebagai pemenang," tandasnya. 

Dikatakannya, semua timnas dari 24 negara berpotensi memiliki juara di piala euro 2021. Menurutnya, semua tim akan berimbang mengingat situasi kompetisi yang tidak begitu menguntungkan karena pandemi.

Kompetisi ini, kata dia, tidak akan semarak seperti tahun-tahun sebelumnya tanpa pandemi.

"Lihat saja kompetisi piala Champions dengan tanpa penonton gairah pertandingan sedikit menurun. Untuk itu timnas yang lebih siap itulah yang akan memenangkan pertandingan dalam piala Euro 2021," jelasnya lagi.  (Laporan reporter POS-KUPANG.COM, Irfan Hoi)

Sumber: Pos Kupang
  • Berita Populer
    Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved