Breaking News:

Renungan Harian Katolik

Renungan Harian Katolik, Minggu 30 Mei 2021: “Abba, ya Bapa!”

Selamat Pesta Tritunggal Mahakudus. Rahasia Ilahi tidak terselami oleh akal budi manusia.

Dok Maxi Un Bria
RD Maxi Un Bria dengan latar belakang menara Pizza Italia. 

Renungan Harian Katolik, Minggu 30 Mei 2021: “Abba, ya Bapa!” (Matius 28 :16 – 20)

Oleh: RD. Maxi Un Bria

POS-KUPANG.COM - Selamat Pesta Tritunggal Mahakudus. Rahasia Ilahi tidak terselami oleh akal budi manusia. Sebab begitu dalam, agung dan dahsyat karya-Nya. Terpujilah nama Bapa, Putera dan Roh Kudus, kini dan sepanjang masa, amin.

St. Agustinus ( 354-450 ) mengatakan, “ Ukuran cinta adalah mencintai tanpa ukuran”. Allah Bapa mencintai manusia tanpa batas. Ia mencintai tanpa ukuran. Itulah mengapa Putera-Nya yang tunggal diutus ke tengah dunia untuk menebus umat manusia ( Yoh 3 :16 ).

Setelah menyelesaikan misi perutusan di dunia hingga wafat di salib dan bangkit pada hari ketiga, Yesus terangkat ke surga. Dari sana Roh Kudus diutus ke atas para rasul yang selanjutnya menyertai gereja hingga kini dan sampai akhir zaman.

Betapa agung rencana dan karya Allah bagi hidup dan keselamatan manusia. Cinta kasih Allah Tritunggal yang tidak terukur itu, menghadirkan berkat, kekuatan, sukacita dan damai sejahtera bagi setiap umat Kristiani yang percaya kepada penyelenggaraan Ilahi.

Dalam konteks ziarah hidup kita kini, nasihat nabi Musa kepada bangsa Israel relevan untuk diingat dan dihayati.

“Ketahuilah pada hari ini dan camkanlah bahwa Tuhanlah Allah di langit di atas dan di bumi di bawah, tidak ada yang lain. Berpeganglah kepada ketetapan dan perintah-Nya yang kusampaikan kepadamu hari ini, supaya baiklah keadaanmu dan keadaan anak-anakmu di kemudian hari. Maka, engkau akan hidup lama di tanah yang diberikan Tuhan Allahmu kepadamu untuk selama-lamanya” ( Ulangan 14 :39-40).

Setiap umat Kristiani yang telah dibaptis dalam nama Bapa, Putera dan Roh Kudus disebut anak Allah. Mereka hidup dalam bimbingan dan terang Roh Kudus sehingga dengan penuh iman dan rasa syukur dapat berseru “ Abba ya Bapa ! ”.

Seperti ditegaskan Rasul Paulus, “Semua orang yang dipimpin oleh Roh Allah adalah anak Allah. Mereka bukan menerima roh perbudakan yang menakutkan, melainkan Roh yang menguatkan dan menjadikan diri mereka sebagai anak Allah ( Roma 8 :15).

Sebagai anak-anak Allah yang dibimbing Roh Kudus, kita diutus untuk menindaklanjuti amanat Yesus Kristus berikut, ”Pergilah, jadikanlah semua bangsa murid-Ku, dan baptislah mereka dalam nama Bapa, dan Anak dan Roh Kudus, dan ajarilah mereka melakukan segala seuatu yang telah Kuperintahkan kepadamu. Dan ketahuilah Aku menyertai kamu senantiasa sampai akhir zaman” ( Matius 28 :19-20).

Semoga kita dirahmati senantiasa agar mampu merawat harmonitas, persatuan dan kerja sama berkelanjutan dalam berbagai aktivitas dan pelayanan sebagaimana harmonitas dan kerjasama Bapa, Anak dan Roh Kudus dalam menyelenggarakan karya keselamatann bagi umat manusia. Salve.*

Simak juga video renungan harian katolik berikut:

Akses artikel-artikel renungan harian katolik lainnya DI SINI

Editor: Agustinus Sape
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved