Breaking News:

Berita Belu Bersinar

Julie Laiskodat Minta Dekranasda Belu Gencar Promosi Potensi Lokal 

Ketua Dekranasda Provinsi NTT, Julie Sutrisno Laiskodat meminta Dekranasda Kabupaten Belu untuk lebih gencar mempromosikan potensi unggulan Kabupaten

Penulis: Teni Jenahas | Editor: Ferry Ndoen
POS KUPANG.COM/TENI JENAHAS
TINJAU---Ketua Dekranasda Provinsi NTT, Julie Sutrisno Laiskodat saat tinjau Kantor Dekranasda Kabupaten Belu, Kamis 27 Mei 2021.  

Julie Laiskodat Minta Dekranasda Belu Gencar Promosi Potensi Lokal 

Laporan Reporter POS KUPANG.COM,Teni Jenahas

POS KUPANG.COM| ATAMBUA----Ketua Dekranasda Provinsi NTT, Julie Sutrisno Laiskodat meminta Dekranasda Kabupaten Belu untuk lebih gencar mempromosikan potensi unggulan Kabupaten Belu seperti kain tenun atau makan khas Belu. Tempat promosi yang paling stretegis untuk produk kerajinan tangan adalah di kantor Dekranasda sendiri.

Julie Laiskodat mengatakan hal itu kepada wartawan saat ditemui di Rujab Bupati Belu dalam kunjungan kerjanya di Kabupaten Belu, Kamis 27 Mei 2021.

Dikatakannya, setelah meninjau kantor Dekranasda Belu ternyata letaknya sangat strategis dan cocok sebagai tempat promosi seluruh potensi lokal Kabupaten Belu.

"Saya lihat sudah bagus tapi ada beberapa yang saya minta untuk diperbaiki. Misalnya tenun, seluruh motif tenun yang ada di Kabupaten Belu harus ada di Dekranasda", kata Julie Laiskodat.

Ketua TP PKK Provinsi NTT ini mengatakan, tugas dekranasda Kabupaten Belu saat ini adalah menggali dan mencaritahu produk-produk unggul dari setiap kecamatan yang ada di Kabupaten Belu. Lalu, produk-produk tersebut harus tersedia di Dekranasda dan dipasarkan secara luas. 

Kantor dekranasda mestinya semacam store-shooping yang fungsinya selain tempat penyimpanan produk-produk lokal juga sebagai tempat perbelanjaan khusus produk kerajian tangan. Hal ini merupakan salah satu tujuan Dekranasda yakni memperluas jaringan pemasaran produk kerajinan, baik dalam negeri maupun luar negeri.

Selain itu, konsep store-shooping ini dapat memudahkan konsumen atau wisatawan untuk mendapatkan produk-produk kerajinan yang dinginkannya. 

Konsep ini seiring dengan program strategis gubernur NTT yakni pariwisata. Para wisatawan yang ingin membeli cendra mata tidak kebingungan mencari tempat penjualan.

"Sering kali wisatawan datang dan ingin membeli cendra mata tapi bingung mau kemana karena tidak ada satu wadah seperti store-shooping begitu", ujar Bunda PAUD NTT.

Anggota DPR RI ini juga mencontohkan, dekranasda di Kupang sudah didesain seperti toko dan dijadikan sebagai model untuk bisa direplikasi oleh dekranasda kabupaten-kabupaten.  

"Saya di Kupang, dekranasda sudah ada seperti tokoh. Dalam rapat perdana kemarin, saya minta Dekranasda Belu supaya mereka replikasi apa yang dibuat di provinsi bisa buat juga di kabupaten", pinta politisi Partai NasDem ini. (jen).

TINJAU---Ketua Dekranasda Provinsi NTT, Julie Sutrisno Laiskodat saat tinjau Kantor Dekranasda Kabupaten Belu, Kamis 27 Mei 2021. 
TINJAU---Ketua Dekranasda Provinsi NTT, Julie Sutrisno Laiskodat saat tinjau Kantor Dekranasda Kabupaten Belu, Kamis 27 Mei 2021.  (POS KUPANG.COM/TENI JENAHAS)

Sumber: Pos Kupang
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved