Breaking News:

Ketua dan Wakil Ketua Dekranasda Belu Apresiasi Pengurus Sanggar Tenun Ikat Nudupu

Ketua dan Wakil Ketua Dekranasda Belu Apresiasi Pengurus Sanggar Tenun Ikat Nudupu

Penulis: Teni Jenahas
Editor: Kanis Jehola
POS-KUPANG.COM/TENI JENAHAS
KUNJUNGI SANGGAR--Ketua Dekranasda Kabupaten Belu, Dra. Freni Indriani Yanuarika dan Wakil Ketua, Rinawati Br Perangin Angin, SE, MM saat mengunjungi Sanggar Tenun Ikat Nudupu Kuneru di Kelurahan Manumutin, Kecamatan Kota Atambua, Kabupaten Belu, Selasa 25 Mei 2021. 

Ketua dan Wakil Ketua Dekranasda Belu Apresiasi Pengurus Sanggar Tenun Ikat Nudupu

POS-KUPANG.COM | ATAMBUA-----Ketua Dekranasda Kabupaten Belu, Dra. Freni Indriani Yanuarika dan Wakil Ketua, Rinawati Br Perangin Angin, SE, MM menyampaikan apresiasi kepada pengurus Sanggar Tenun Ikat Nudupu Kuneru.

Apresiasi yang sama disampaikan kepada anak-anak sanggar yang memiliki talenta untuk menenun di usia sekolah.

Apresiasi dari Ketua dan Wakil Ketua Dekrasnad Kabupaten Belu ini disampaikan saat mengunjungi Sanggar Tenun Ikat Nudupu Kuneru di Kelurahan Manumutin, Kecamatan Kota Atambua, Kabupaten Belu, Selasa 25 Mei 2021. Di hari itu juga ketua dan wakil ketua Dekranasda Belu mengunjungi ke Kelompok Tenun Ikat Gelobaba.

Baca juga: Super Blood Moon Kesempatan Langka Untuk Fotograger Mengabadikan Momen

Baca juga: Momentum Pandemi Dorong Transformasi Ekonomi Digital

Ketua Dekranasda Kabupaten Belu, Dra. Freni Indriani Yanuarika mengatakan, meski dalam keadaan terbatas tapi para pengajar tetap semangat mendampingi anak-anak untuk belajar menenun. Begitupun dengan anak-anak binaan terlihat semangat untuk belajar mengembangkan talenta menenun.
Semoga semangat belajar anak-anak bisa menjadi inspirasi bagi anak-anak lain di Kabupaten Belu.

"Sangat luar biasa dengan kondisi yang sangat sederhana membuat ibu-ibu guru dan anak-anak tetap semangat belajar bertenun. Semoga ini semua menjadi inspirasi bagi anak anak yang lain khususnya bagi anak-anak di Kabupaten Belu. Karena ini yang pertama terjadi di Kabupaten Belu sehingga di tempat-tempat lain juga bisa diselenggarakan sekolah tenun bagi yang lain", puji Ketua Dekranasda.

Menurut Indriani, ada hal yang perlu belajar dari Sanggar Tenun Ikat Nudupu ini yaitu, spirit dan semangat dari para mengajar untuk membimbing dan mendampingi anak-anak meski fasilitas terbatas dan modal pas-pasan. Kemudian, semangat juang anak-anak untuk mengembangkan ketrampilan menenun sekaligus upaya sadar dari generasi mudah untuk melestarikan warisan leluhur.

Baca juga: Tidak Ada ASN Fiktif di Kabupaten Manggarai Barat

Baca juga: Ini Jadwal Pengumuman Hingga NIP CPNS dan PPPK di Kabupaten Mabar

Dari kondisi yang ada, Dekranasda Kabupaten Belu akan memberikan perhatian kedepannya sehingga sanggar tersebut tetap eksis dan beraktivitas untuk mendampingi anak-anak binaannya.

Ketua Sanggar Tenun Ikat Nudupu, Anastasia Dora Tea Mau menyampaikan, kelompok tenun ini terbentuk tanggal 9 Februari 2021 atau baru berjalan selama kurang lebih empat bulan.

Kegiatan belajar tenun dilakukan dua kali seminggu yakni, Rabu dan Jumat yang dimulai jam 3 sampai 4 sore. Jumlah anak binaan sebanyak 15 orang yang terdiri dari pelajar SMA s5 orang, SMP 4 orang dan SD 6 orang.

Menurut Anastasia, walaupun kondisi mereka serba terbatas namun tidak mengurangi semangat anak-anak untuk belajar begitu juga dengan para pengajarnya.

Lanjut Anastasia, kegiatan belajar tenun ikat sejak ini memberikan nilai tambah bagi anak-anak agar semakin mencintai budaya Indonesia khususnya budaya orang Belu. Di sisi lain, belajar menenun juga merupakan upaya melestarikan budaya serta mengangkat derajat kaum perempuan di Kabupaten Belu.

Anastasia mengharapkan, Pemerintah Kabupaten Belu bisa membantu alat-alat tenun ikat bagi anak-anak dan gedung yang memadai sehingga anak-anak semakin semangat belajar dalam bertenun.

Hadir dalam kunjungan tersebut, Sekretaris Dinas Pariwisata Kabupaten Belu, Yasinta Rinjani Bria, A.Pi, M.Si, Sekretaris Dinas PP dan KB Kabupaten Belu, drg. Ansila Eka Muti, Kepala Bidang Industri pada Dinas Perindag Kabupaten Belu, Erni Ganggas, SH. Kedatangan Ketua Dekranasda Kabupaten Belu dan rombongan disambut tarian likurai. (Laporan Reporter POS-KUPANG.COM, Teni Jenahas)

Sumber: Pos Kupang
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved