Sejak 1 Mei Hingga Saat ini Ada 395 Pasien Covid-19 yang Sembuh

Sejak tanggal 1 Mei hingga tanggal 19 Mei 2021, pasien positif Covid-19 di Sumba Timur yang telah sembuh sebanyak 395 orang

Penulis: Oby Lewanmeru | Editor: Kanis Jehola
POS-KUPANG.COM/OBY LEWANMERU
Kepala Dinas Kesehatan Sumba Timur, dr. Chrisnawan Try Haryantana 

POS-KUPANG.COM | WAINGAPU -- Sejak tanggal 1 Mei hingga tanggal 19 Mei 2021, pasien positif Covid-19 di Kabupaten Sumba Timur yang telah sembuh sebanyak 395 orang. Pasien yang sembuh dominan pasien yang melakukan isolasi mandiri.

Sesuai data yang diperoleh dari Posko Satgas Penanganan Covid-19 Kabupaten Sumba Timur sejak Sabtu (1/5/2021) hingga Rabu (19/5/2021) menyebutkan, total pasien yang sembuh di Sumba Timur sebanyak 395 orang.

Adanya penambahan pasien sembuh sejak 1 Mei itu, maka jumlah pasien Covid-19 di Sumba Timur yang sembuh sampai saat ini 1.194 orang.

Total pasien positif Covid-19 sampai dengan sekarang 1.369 orang, 43 pasien meninggal dunia dan 132 masih dalam perawatan.

Baca juga: Empat Paket Proyek Telan Rp 40,2 Miliar di Dinas PUPR Manggarai Timur Siap Eksekusi Lapangan

Baca juga: Renungan Harian Katolik, Kamis 20 Mei 2021: Bersaudara dalam Perbedaan

Jumlah sampel yang diambil untuk diperiksa secara Polymerase Chain Reaction (PCR), Tes Cepat Molekuler (TCM) dan rapod Antigen sebanyak 8.503 sampel.

Dari jumlah itu, hasil laboratorium 6.336 sampel negatif, 2.098 sampel terkonfirmasi positif dan 69 sampel belum ada hasil PCR.

Khusus pasien positif yang dirawat saat ini sebanyak 132 itu terdiri dari 13 pasien dirawat di RSUD Umbu Rara Meha Waingapu, 11 pasien di Hotel Cendana dan 108 pasien melakukan isolasi mandiri di rumah masing-masing.

Baca juga: Ini Pemicu Anggota DPRD Belu Marthen Naibuti Diberikan Sanksi Oleh Badan Kehormatan, Bentuk Sanksi

Baca juga: Direktur Pengolahan Sampah KLHK Novrizal Minta Bupati Hery Buat Kebijakan Pembatasan ProduksiSampah

Sebelumnya, Juru Bicara Satgas Penanganan Covid-19 Kabupaten Sumba Timur, dr. Chrisnawan Try Haryantana mengatakan, sampai sekarang kasus Covid-19 di Sumba Timur masih berfluktuasi. Pasien yang mengalami kesembuhan juga terus bertambah.

Khusus bagi pasien positif Covid-19 yang melakukan isolasi mandiri di rumah, Chrisnawan mengatakan, perlu ada pengawasan dari semua elemen masyarakat.

"Tentu semua elemen harus ikut mengawasi pasien yang isolasi mandiri di rumah. Jika tidak diawasi, maka penularan Covid-19 ini bisa saja terjadi," kata Chrisnawan.

Dijelaskan, semua pasien yang melakukan isolasi mandiri di rumah harus mematuhi protokol kesehatan.

"Harus pastikan pasien itu isolasi, tapi siapa yang awasi. Tentu semua elemen bertugas awasi. Tenaga kesehatan hanya mengawasi dari sisi kesehatan. Tapi mereka di rumah diawasi oleh semua masyarakat, terutama Ketua RT /RW, lurah, kepala desa camat,termasuk Bhabinkamtibmas dan Babinsa," ujarnya. (Laporan Reporter POS-KUPANG.COM, Oby Lewanmeru)

Sumber: Pos Kupang
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved