Breaking News:

Tribun Wiki : Hilangkan Penat di Air Terjun Tanggedu Sumba Timur

saat ini hanya bisa dilewati mobil yang agak tinggi karena jalan dari Mondu ke lokasi air terjun sementara dikerjakan.

Penulis: Oby Lewanmeru | Editor: Rosalina Woso
Tribun Wiki : Hilangkan Penat di Air Terjun Tanggedu Sumba Timur
POS KUPANG.COM/OBY LEWANMERU
Pengunjung saat berpose di lokasi obyek wisata Air Terjun Tanggedu, Sabtu 15 Mei 2021.  

Tribun Wiki : Hilangkan Penat di Air Terjun Tanggedu Sumba Timur

POS-KUPANG.COM|WAINGAPU -- Air Terjun Tanggedu merupakan salah satu obyek wisata andalan yang ada di Kabupaten Sumba Timur, Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT). Secara administratif, obyek wisata ini terletak di Desa Persiapan Tanggedu, Kecamatan Kanatang.

Untuk mencapai lokasi ini, pengunjung harus menempuh jarak kurang lebih 40-an kilometer (km) dengan waktu tempuh sekitar 2.5 jam. Kendaraan yang bisa digunakan, bisa roda empat dan roda dua.

Namun, untuk roda empat saat ini hanya bisa dilewati mobil yang agak tinggi karena jalan dari Mondu ke lokasi air terjun sementara dikerjakan.

Dari Kota Waingapu ke arah barat melewati obyek Wisata Pantai Londa Lima dan juga Pantai Puru Kambera. Semuanya berada di wilayah Kecamatan Kanatang.

Kondisi jalannya cukup mulus jika dari Kota Waingapu sampai di Desa Mondu. Sejauh mata memandang, terlihat air laut biru membentang di lepas utara Pantai Puru Kambera. 

Sepanjang jalan, pengunjung juga dimanjakan dengan suasana alam dengan padang savana yang luas. Ketika menuju ke lokasi air terjun dari pertigaan Desa Mondu, pengunjung juga akan menikmati indahnya padang savana dan perbukitan yang indah. Sejumlah ternak kuda juga ditemukan sedang merumput di padang tersebut.

Dalam perjalanan pun harus ekstra hati-hati, karena pada beberapa titik kondisi jalan belum beraspal. 
Selain itu, terdapat jurang yang dalam dengan tikungan tajam. Pengunjung juga harus memastikan kendaraan dalam kondisi prima sebelum berangkat.

Pengunjung saat berpose di lokasi obyek wisata Air Terjun Tanggedu, Sabtu 15 Mei 2021.
 
Pengunjung saat berpose di lokasi obyek wisata Air Terjun Tanggedu, Sabtu 15 Mei 2021.   (POS KUPANG.COM/OBY LEWANMERU)

Selama ini, kendaraan roda empat hanya bisa sampai di jembatan gantung yang berjarak sekitar 2,5 km dari Air Terjun Tanggedu.

Namun, karena ada sebuah sungai kecil di Desa Persiapan Tanggedu yang saat ini tidak bisa dilewati kendaraan roda empat. Hanya kendaraan tertentu yang bisa melintas.

Karena itu, pengunjung memarkir kendaraan di sekitar pemukiman warga kemudian menyewa kendaraan roda dua untuk sampai ke lokasi air terjun ini.

Halaman
12
Sumber: Pos Kupang
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved