Breaking News:

Tahu Gila Waingapu Kuliner Favorit, Empat Sekawan Raup Rp 3 Juta Per Bulan

Usaha Tahu Gila Waingapu kuliner favorit, empat sekawan raup Rp 3 juta per bulan

KOMPAS.COM/IGNASIUS SARA
TAHU GILA - Empat sekawan, Margaretha Rangga Lota (24), Katarina Solot Payon Bon Yunior (27), Maksimilianus Dodi Rau (27), dan Aditya Rambu Wini (27) memiliki usaha bersama Tahu Gila Waingapu. 

Usaha Tahu Gila Waingapu kuliner favorit, empat sekawan raup Rp 3 juta per bulan

POS-KUPANG.COM - SEORANG wanita muda sibuk memotong tahu, bentuknya menyerupai dadu. Sementara tiga rekannya melayani konsumen. Empat sekawan tersebut adalah Margaretha Rangga Lota (24), Aditya Rambu Wini (27), Katarina Solot Payon Bon Yunior (27), dan Maksimilianus Dodi Rau (27).

Meski masih muda, mereka telah memiliki usaha Tahu Gila. Tempat usahanya di Jalan Ikan Paus, Kelurahan Kambajawa, Kecamatan Kota Waingapu, Kabupaten Sumba Timur.

Katarina menuturkan, dia yang memiliki ide membuka usaha Tahu Gila. Ide tersebut muncul setelah dia membaca informasi usaha Tahu Gila melalui Instagram. Kemudian ide itu disampaikan kepada ketiga rekannya.

Baca juga: Aurel Hermansyah: Anugerah Terindah

Baca juga: Minuman Beralkohol Label Perda Lembata

"Sering lihat Instagram. Searching-searching saja. Cari makanan yang paling mudah didapatkan di NTT. Kalau tahu, kebetulan segala umat (beragama) boleh (makan). Bahannya juga gampang didapatkan. Kebetulan pusat pabriknya banyak di sini," kata Katarina saat ditemui di Waingapu, Sabtu (15/5/2021) malam.

Awal menjalani usaha dihantui keraguan. Hal itu lantaran mereka bukan dari latar belakang pendidikan jurusan tata boga. Margaretha menamatkan Sekolah Menengah Kejuruan dengan mengambil jurusan tata niaga dan Katarina kuliah jurusan arsitektur. Sementara Aditya dan Maksimilianus sarjana teknik sipil.

Katarina mengungkapkan, usaha bersama itu dirintis dengan nekat dan percaya diri. Mereka mengumpulkan modal awal Rp 12 juta, digunakan membeli perlengkapan yang dibutuhkan untuk usaha Tahu Gila. Mereka pun mulai berjualan pada 4 Maret 2020.

Baca juga: Simak Prediksi City Vs Chelsea Final Liga Champions 2021, Chelsea 2 Kali Kalahkan City, Siapa Juara?

Baca juga: Formalisme Agama dan Kemunafikan Sosial

Maksimilianus menyebut, ada 18 varian rasa Tahu Gila Waingapu, seperti kari ayam, barbeque, asin, keju, pizza, jagung manis, cabe pedas level 1, cabe pedas level 2, dan cabe pedas level 3. Ada juga rasa sapi panggang, ayam bawang, jagung bakar, balado, rumput laut, black pepper, saus keju, saus barbeque, dan saus black pepper.

"Saat ini, saus (saus keju, saus barbeque, dan saus black pepper) tidak disediakan karena kurang peminat dan cepat rusak," ujarnya.

Margaretha menambahkan, langkah pertama membuat Tahu Gila adalah mencuci tahu mentah sampai bersih. Kemudian tahu yang sudah dicuci tersebut dipotong menyerupai dadu.

Halaman
123
Editor: Kanis Jehola
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved