Breaking News:

Sekda Boni Sebut Pemberian Bansos Bagi THL Yang Tdak Diperpanjang Kontrak, Sudah Ikuti Pelatihan

-Pemerintah Daerah (Pemda) Kabupaten Manggarai Timur akan secepatnya melakukan proses pemberian bantuan sosial (Bansos) sebesar Rp 15.000.000

POS-KUPANG.COM/ROBERT ROPO
Sekda Matim, Ir Boni Hasudungan Siregar 

Laporan Reporter POS-KUPANG.COM, Robert Ropo

POS-KUPANG.COM | BORONG----Pemerintah Daerah (Pemda) Kabupaten Manggarai Timur akan secepatnya melakukan proses pemberian bantuan sosial (Bansos) sebesar Rp 15.000.000/orang bagi 296 orang Tenaga Harian Lepas (THL) yang tidak diperpanjang lagi kontraknya pada Tahun 2021 ini.

"saya sudah sampaikan kepada Badan Keuangan dan Dinas Koperindag dan UKM untuk secepatnya memproses itu. Kemarin terkendala karena ketentuan dalam proses ini dalam kategori bantuan sosial, dimana dalam ketentuan itu menyatakan bahwa nama-nama penerima bantuan itu sudah termuat dalam peraturan bupati tentang penjabaran APBD, namun waktu itu belum dapat nama siapa-siapa yang tidak diperpanjang makanya belum termuat, untuk bisa terbayarkan harus termuat dulu, maka kita melakukan perubahan penjabaran tanpa ada pergeseran uang yang ada,"jelas Sekertaris Daerah (Sekda) Manggarai Timur, Ir Boni Hasudungan Siregar, kepada POS-KUPANG.COM, Senin (17/5/2021).

Sekda Boni juga mengatakan, saat ini sementara dalam proses, diharapkan pada akhir bulan Mei 2021 ini bagi yang sudah mengikuti pelatihan bisa diberikan Bansos itu. Sedangkan yang belum mengikuti pelatihan direncanakan akan diberikan pada awal bulan Juni Tahun 2021 atau setelah mengikuti pelatihan.

Kepala Dinas Koperindag dan UKM Kabupaten Manggarai Timur, Fransiskus Petrus Sinta, kepada POS-KUPANG.COM, menjelaskan, jumlah THL yang tidak lagi diperpanjang kontraknya pada Tahun 2021 ini sebanyak 333 orang, namun dalam perjalanan ada yang lulus PNS dan lain sebagainya, maka jumlah saat ini sebanyak 296 orang.

Fransiskus didampingi Sekertaris Dinas Koperindag dan UKM Kabupaten Manggarai Timur, Efraim D Gual, menjelaskan, dari jumlah itu yang mengikuti pelatihan keterampilan di LBK Sanpio Kisol. Saat ini sebagian sudah mengikuti pelatihan dan sebagian masih menunggu giliran untuk mengikuti pelatihan.

Fransiskus juga mengatakan, uang untuk pemberian Bansos kepada 296 THL itu sudah tersediah dalam kas, namun masih menunggu proses-proses yang ada seperti pengajuan persyaratan dan usulan-usulan dalam proposal serta dokumen dan keterangan lainya dari para THL tersebut, termasuk Perbup terkait pemberian dana itu dan juga SK Bupati.

Saat ini kata Fransiskus, sedang dalam proses pembuatan SK Bupati penetapan penerima sebagai salah satu dokumen persyaratan untuk pemberian bantuan tersebut.

Dikatakan Fransiskus, jika semua dokumen dan persyaratan sudah lengkap, maka pihaknya akan mengajukan itu kepada Badan Keuangan Kabupaten Manggarai Timur. Setelah dinyatakan dokumen lengkap, maka Badan Keuangan langsung mentransfer dana Bansos tersebut melalui rekening penerima masing-masing di Bank NTT.

Baca juga: Bupati Djafar Dukung Perkumpulan Penyandang Disabilitas Keuskupan Agung Ende

"Proses pencairan ini kemungkinan dilakukan dalam dua tahap. Tahap pertama tentu bagi mereka (THL) yang sudah mengikuti pelatihan, jika sudah memenuhi syarat dalam waktu dekat kita akan ajukan untuk pencairan,"ungkap Fransiskus.

Kepala Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Nakertrans) Kabupaten Manggarai Timur, Drs Aufridus Jahang, menjelaskan terkait pelaksanaan pelatihan bagi para THL yang tidak diperpanjang kontraknya itu dimana pertama pelatihan berbasis kompetensi  yakni bengkel las yang diikuti oleh 15 orang dan ini sudah dilaksanakan.

Selain itu pelatihan berbasis masyarakat antara lain pelatihan pertanian, peternakan dan pelatihan perikanan. Yang mengikuti pelatihan berbasis masyarakat ini sebanyak 209 orang THL dan juga sudah dilaksanakan.

Sedangkan pelatihan kewirausahaan yang diikuti oleh 72 orang THL belum dilaksanakan dan diusahakan pada bulan Mei 2021 ini dilaksanakan pelatihan kewirausahaan ini.

Pelatihan itu berlangsung di Balai Latihan Kerja Komunitas ( BLKK) Seminari Pius XII Kisol, Kelurahan Tanah Rata. (*)

Penulis: Robert Ropo
Editor: Ferry Ndoen
Sumber: Pos Kupang
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved