Breaking News:

Renungan Harian Katolik

Renungan Harian Katolik, Senin 17 Mei 2021: Kekuatan Kata-kata

Ada orang yang terbangun di pagi hari tapi bingung untuk memulai harinya. Ada orang yang semangat mengayun langkah tetapi lelah sebelum mencapai siang

Foto pribadi
RD. Frid Tnopo 

Renungan Harian Katolik, Senin 17 Mei 2021: Kekuatan Kata-kata (Yohanes, 16:29-33)

Oleh: RD. Frid Tnopo

POS-KUPANG.COM - Ada orang yang terbangun di pagi hari tapi bingung untuk memulai harinya. Ada orang yang semangat mengayun langkah tetapi lelah sebelum mencapai siang. Ada orang yang menutup harinya dengan sore yang kelabu. Dan ada pula orang yang pergi tidur malam dalam kegelisahan. Sebenarnya orang ini kekurangan motivasi hidup.

Ada orang yang terkadang merasa sendirian, terasing dan bahkan teralienasi. Walaupun berada di tengah kerumunan manusia pun ia tetap merasa sepi. Pikirannya melayang-layang dan hati terasa hampa. Perjalanannya pun terkadang oleng dan terombang-ambing di tengah samudera kehidupan. Badai dan aneka kesulitan seakan menjadi menu sedap yang disantap setiap hari. Sebenarnya orang ini ketiadaan arah hidup.

Pada saat itu, tak lain dan tak bukan manusia membutuhkan kata-kata penguatan. Kata-kata penyejuk di tengah gurun kegersangan hidup. Kata-kata pembangkit gairah di saat hidup mulai lesu. Kata-kata penunjuk arah bila akan tersesat di tengah belantara kehidupan.

Banyak sekali kata-kata penguatan yang tersaji lewat mas media seperti, koran, majalah, whatsapp, facebook, instagram, youtube, tiktok dan sebagainya. Dan rasakanlah betapa dahsyatnya kata-kata. Ada tokoh-tokoh hebat yang pandai membangkitkan semangat hidup lewat kata-kata yang bernas, meski sederhana tetapi mampu memotivasi. Ada ungkapan kata-kata positif yang dapat membalikkan arah dan tujuan hidup.

Para Murid Yesus juga pernah mengalami situasi di mana merasa sendirian, teraniaya dan kehilangan arah. Namun kata-kata Yesus kembali menguatkan mereka. Kata-Nya: "Dalam dunia kamu menderita penganiayaan, tetapi kuatkanlah hatimu, Aku telah mengalahkan dunia".

Betapa dahsyatnya kata-kata Yesus itu. Para murid akhirnya bangkit dan tanpa takut dan ragu mereka mulai keluar dan mewartakan kabar sukacita Tuhan hingga ke ujung bumi.

Saat ini Tuhan ingin menggunakan mulutmu untuk mengatakan hal-hal positif yang dapat menggerakkan sesama ke arah kebaikan. Tuhan ingin menggunakan mulutmu untuk mengatakan “kembalilah” kepada mereka yang sudah jauh tersesat.

Tuhan ingin menggunakan mulutmu untuk mengatakan “bangkitlah” bagi mereka yang sedang tertidur dalam kemalasan. Yakinkanlah dirimu bahwa kamu bisa menjadi “tempat sandaran” bagi mereka yang sedang rapuh.

Bila dibandingkan dengan materi, manusia lebih membutuhkan kata-kata penguatan. Sebuah revolusi bisa dimulai hanya dengan satu kata yang membakar semangat dari seorang tokoh. Kamu mungkin tidak memiliki apa-apa, tetapi jangan diam. Katakanlah satu kata yang baik kepada dunia saat ini dan lihatlah dunia akan berubah. Tuhan memberkati. Salve.*

Simak juga video renungan harian katolik berikut:

Baca artikel-artikel renungan harian katolik lainnya DI SINI

Editor: Agustinus Sape
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved