Breaking News:

Pemkab Belu Genjot Penyusunan RPJMD

pembangunan dan kemasyarakatan itu harus segera tuntas agar visi misi bupati dan wakil bupati Belu bisa segera dieksekusi.

Pemkab Belu Genjot Penyusunan RPJMD
POS KUPANG.COM/TENI JENAHAS
Bupati dr. Taolin Agustinus, Sp.PD dan Wakil Bupati Drs. Aloysius Haleserens, MM saat mengikuti Focus Group Discussion (FGD) Teknokratik RPJMD Kabupaten Belu tahun 2021-2026, di Aula Kantor BP4D, Selasa 11 Mei 2021.

Pemkab Belu Genjot Penyusunan RPJMD

POS KUPANG.COM| ATAMBUA--Pemerintah Kabupaten Belu dibawah kepemimpinan Bupati dr. Agus Taolin, Sp.PD dan Wakil Bupati Drs. Aloysius Haleserens, MM terus mengenjot penyusunan RPJMD 2021-2026 agar segera tuntas.

RPJMD yang merupakan pedoman dalam penyelenggaraan pemerintahan, pembangunan dan kemasyarakatan itu harus segera tuntas agar visi misi bupati dan wakil bupati Belu bisa segera dieksekusi.

"Pada prinsipnya RPJMD merupakan penjabaran dari visi dan misi dari pimpinan. RPJMD akan memuat visi, misi dan program prioritas dari Bupati terpilih yang tentu membuat tujuan, strategi, sasaran, arah kebijakan, pembangunan daerah, serta program dari perangkat daerah, lintas perangkat daerah yang disertai dengan kerangka pendanaan yang bersifat indikatif untuk 5 tahun yang akan datang", ungkap Bupati Belu saat membuka Focus Group Discussion (FGD) Teknokratik RPJMD Kabupaten Belu tahun 2021-2026, di Aula Kantor BP4D, Selasa 11 Mei 2021.

Baca juga: Bupati Belu, Agus Taolin Buka Gema Takbiran di Masjid Hidayatullah di Atambua

Pada kesempatan itu, Bupati Agus Taolin menyebut RPJMD adalah kitab sucinya pemerintah daerah dalam menyelenggarakan pemerintahan, pembangunan dan kemasyarakatan. Dikatakan sebagai kita suci karena RPJMD merupakan pedoman dasar bagi OPD dalam menyusun renstra guna menunjang visi dan misi bupati.

FGD yang dilaksanakan itu untuk mempertajam, mengeluarkan atau menambah hal-hal yang belum lengkap atau terlalu lebih untuk dikoreksi sehingga menjadi pedoman bagi pemerintah untuk mewujudkan visi bupati dan wakil bupati yaitu masyarakat Belu sehat, berkarakter dan kompetitif. 

Bupati Belu juga menyampaikan, secara faktual RPJMD menjadi instrumen dalam menilai keberhasilan pemerintah. Lewat diskusi tersebut, peserta yang adalah pimpinan OPD dapat mempertajam program yang sebelumnya belum sempurna.

Baca juga: Bupati Belu, Agus Taolin Ingatkan Dinas Lingkungan Hidup Percepat Penyelesaian Kajian 

 “Rancangan teknokratik ini merupakan dokumen perencanaan lima tahunan yang sudah berjalan sebelumnya, dan hari ini untuk mempertajam. Kalau kemarin belum sempurna, hari ini kita perbaiki dalam penyusunan ini, supaya lebih tajam,” tandasnya. 

Wakil Bupati Belu, Drs. Aloysius Haleserens, MM menegaskan agar penyusunan RPJMD harus berbasis data yang reliabel dan valid serta sesuai langkah-langkah yang direncanakan.

“Pastikan langkah-langkah itu, setiap OPD wajib lihat matriks, ada matriksnya,” tegas Alo Haleserens.

Pada kesempatan itu, Wabup Belu berpesan kepada ASN agar menegakkan nilai-nilai etika birokrasi dan menunjukkan integritas sebagai aparatur yang berkompetensi. 

“Tegakkan etika birokrasi dan integritas, berikan masukan kepada pimpinan yang baik dan benar. Di pundak kita itu ada tanggung jawab yang tinggi untuk melayani sesama manusia di Belu ini lewat perencanaan yang dituangkan dalam bentuk RPJMD. Itu adalah garis-garis besar haluan daerah yang harus kita ikuti, dan taati. Buang jauh-jauh energi negatif yang ada di dalam kepala dan hati kita, konsentrasi, fokuskan seluruh tenaga kita untuk bekerja demi melayani orang Belu", pinta Wabup Alo Haleserens.

Baca juga: Bupati Belu, Agus Taolin : Singkirkan Kepentingan Kelompok di Desa

Wabup Belu juga menekankan soal sinkronisasi program kabupaten dan desa karena ada perencanaan pembangunan yang bisa didanai APBD II tapi ada juga yang bisa dieksekusi lewat APBDes. Oleh karena itu, sinkronisasi program harus diperhatikan agar tidak terjadi tumpang tindih program.

Hadir dalam FGD tersebut, Pj. Sekda Belu, Frans Manafa, S.Pi, Plt. Asisten I Sekda Belu, Johanes Andes Prihatin, 
para pimpinan OPD dan Camat. (Laporan Reporter POS KUPANG.COM,Teni Jenahas).

Penulis: Teni Jenahas
Editor: Rosalina Woso
Sumber: Pos Kupang
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved