Breaking News:

Menkes Sebut Vaksin Sinovac Lebih Efektif 94% Pekerja Medis Terlindungi, Bagaimana di Negara Lain?

Menkes Sebut vaksin Sinovac Lebih Efektif, 94 % Pekerja Medis Terlindungi Dari Infeksi Covid-19, Negara lainnya?

Editor: Hermina Pello
ISTIMEWA/POS-KUPANG.COM
Vaksin Corona Sinovac. Menkes Sebut Vaksin Sinovac Lebih Efektif 94% Pekerja Medis Terlindungi, Bagaimana di Negara Lain? 

POS-KUPANG.COM | BEIJING - Menteri Kesehatan Indonesia Budi Gunadi Sadikin mengatakan 94 persen pekerja telah terlindungi dari infeksi Covid-19. Hasil tersebut luar biasa mengingat efektivitasnya melampaui apa yang diukur dalam berbagai uji klinis.

Berdasarkan studi lapangan di negara-negara penggunanya, vaksin Sinovac Biotech Ltd menunjukkan efektivitas yang lebih baik daripada hasil uji klinisnya.

Laporan tersebut menggembirakan bagi lusinan negara berkembang, yang bergantung pada vaksin kontroversial China, yang berkinerja jauh lebih buruk daripada vaksin barat dalam uji klinis.

Seperti hasil penelitian di Indonesia, di mana vaksin buatan perusahaan China ini disebut berhasil memberantas Covid-19 di antara petugas kesehatan di Tanah Air.

Indonesia melacak 25.374 petugas kesehatan di ibu kota Jakarta selama 28 hari, setelah mereka menerima dosis kedua. Para pekerja dilacak hingga akhir Februari.

Baca juga: 20 Ribu Dosis Vaksin Sinovac Tiba di Labuan Bajo, Kabupaten Manggarai Barat - NTT, Simak Infonya

Baca juga: Optimalisasi Pelayanan Vaksin Covid-19, Ini Dilakukan Puskesmas Datak,Begini Penjelasan Kapuskesmas

"Hasilnya, penelitian menemukan vaksin tersebut melindungi 100 persen dari mereka dari kematian, dan 96 persen dari rawat inap setelah tujuh hari (inokulasi),” kata Menteri Kesehatan Indonesia Budi Gunadi Sadikin dalam sebuah wawancara pada Selasa (11/5/2021), seperti dilansir Bloomberg.

Budi juga mengatakan, 94 persen pekerja telah terlindungi dari infeksi Covid-19. Hasil tersebut luar biasa mengingat efektivitasnya melampaui apa yang diukur dalam berbagai uji klinis.

Tidak jelas apakah pekerja disaring secara seragam untuk mendeteksi pembawa asimtomatik. “Kami melihat penurunan yang sangat, sangat drastis, dalam rawat inap dan kematian di antara pekerja medis,” kata pria yang sebelumnya menjabat sebagai Wakil Menteri BUMN ini.

Tidak diketahui jenis virus corona apa di Indonesia yang efektif dilawan Sinovac. Akan tetapi, Indonesia belum melaporkan wabah besar apa pun yang disebabkan oleh varian yang dikhawatirkan.

Data tersebut menambah menguatkan penelitian dari Brasil bahwa vaksin Sinovac lebih efektif daripada yang dibuktikan dalam fase pengujian.

Halaman
1234
Sumber: Kontan
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved