Breaking News:

Kini Pelabuhan Bolok Miliki Genose, Alternatif Tes Covid-19 Bagi Pemudik

Pihak Pelabuhan Penyeberangan Bolok Kupang kini memiliki layanan tes covid-19 bernama Genose

Editor: Kanis Jehola
POS-KUPANG.COM/IRFAN HOI
Manager usaha ASPD Kupang, Hermin Welkis 

POS-KUPANG.COM | KUPANG - Pihak Pelabuhan Penyeberangan Bolok Kupang kini memiliki layanan tes covid-19 bernama Genose yang mulai digunakan sejak tanggal 7 Mei 2021 lalu. Alat ini merupakan kerjasama antar ASDP Kupang dan juga klinik Asa yang disiapkan khusus bagi para pemudik di hari raya Idul Fitri tahun 2021 ini.

General Manager ASDP Kupang, Cuk Prayitno, melalui Manager Usaha Hermin Welkis mengaku sengaja menyiapkan layanan tes bebas covid bagi penumpang di pelabuhan Bolok dengan alata Genose agar memudahkan penumpang saat berpergian.

"Ini harganya cukup murah dan sangat sensitif saat kita lakukan tes. Untuk sekali tes biayanya 50 ribu," katanya, Senin (10/5/2021).

Menurut Hermin, dengan hadirnya alat Genose ini, penumpang tidak perlu lagi melakukan tes rapid antigen dengan biaya yang sering dikeluhkan masyarakat sangat mahal.

Baca juga: ABS Serahkan Genset Bang Melki Buat Jemaat GMIT Syalom Makwar di Kabupaten Malaka 

Baca juga: Update Kode Redeem FF 10 Mei 2021, Segera Klaim Kode Redeem Free Fire Terbaru

Petugas dari klinik Asa, akan membuka layanan penggunaan alat Genose setiap hari mulai dari pukul 07.00-14.00 WITA.

Bagi calon penumpang yang sedang berpuasa disarankan melakukan pemeriksaan sebelum pukul 08.00 WITA.

Sementara bagi calon penumpang yang berkategori perkokok aktif agar di lakukan pemeriksaan satu jam sebelum dimulainya pelayanan dengan catatan meminum air putih dan tidak merokok satu jam sebelum pemeriksaan.

Meski demikian, ia menyarankan agar penumpang umum agar dpaat melakukan tes rapid antigen di sekitar pelabuhan atau di tempat pelayanan rapid tes terdekat.

Baca juga: Satgas Pamtas RI-RDTL Sektor Barat Yonarmed 6/3 Kostrad Ambil Bagian Pengawasan UAS SD di TTU

Selain menjelaskan terakit dengan adanya penyediaan Genose bagi penumpang, Hermin juga mengaku jumlah penumpang mudik di pelabuhan Bolok tahun ini mengalami penurunan dari tahun sebelumnya.

Tahun ini, kata dia, jumlah penumpang tidak lebih dari 100 orang untuk satu wilayah lintasan atau hanya sebesar 20 persen dari jumlah penumpang tahun 2020 sebesar 90 persen yang melakukan mudik.

Kapal yang beroperasi selama musim mudik tahun ini, kata Hermin, sebanyak 7 unit kapal dengan lintasan Kupang Rote, Kupang-Sabu, Kupang-Larantuka, Kupang- Alor, Kupang -Ende, Kupang Aimere dan Kupang-Sumba dan Kupang- Lembata.

Dia mengatakan, untuk penumpang yang berangkat juga hampir merata di semua wilayah lintasan. Pihak ASDP juga menerapkan protokol kesehatan covid-19 yang ketat bagi para penumpang dan juga sopir dan kondektur yang membawa barang. (Laporan reporter POS-KUPANG.COM, Irfan Hoi)

Sumber: Pos Kupang
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved