Breaking News:

Ini Kondisi Terkini Danau Tankolo Sikumana Pasca Hebohkan Warga Kota Kupang

KUPANG -Kemunculan Danau Tankolo di Kelurahan Sikumana, kecamatan Maulafa Kota Kupang satu bulan lalu usai di badai Seroja melanda NTT

Editor: Kanis Jehola
POS-KUPANG.COM/IRFAN HOI
Kondisi terkini danau Tankolo, kelurahan Sikumana, kota Kupang. 

POS-KUPANG.COM | KUPANG -Kemunculan Danau Tankolo di Kelurahan Sikumana, Kecamatan Maulafa Kota Kupang satu bulan lalu usai di badai Seroja melanda NTT dengan dipenuhi air hampir 300 meter, kini kondisi danau tersebut mulai mengering.

Danau tersebut juga sempat membuat beberapa rumah warga disekitar lokasi terendam banjir, bahkan ladang pertanian milik warga setempat turut terendam.

Yeri Dethan, warga di sekitar lokasi mengungkapkan danau tersebut telah mengalami kekeringan sejak dua minggu terakhir ini.

"Dia turun itu cepat saja, sudah mau satu bulan ini. Danau ini kalau air penuh maka otomatis dia tergenang disini," ujarnya, Minggu (9/5/2021).

Baca juga: Promo McDonald Hingga Senin 10 Mei 2021, 1 Double Choco Pie +1 Color Surprise McFlurry Rp 25 Ribu

Baca juga: Kapolres Kupang: Kasus Penembakan dan Penganiayaan di Naibonat Lebih dari Satu Pelaku

Dari 8 mata air yang sempat mengeluarkan jumlah air yang cukup banyak dan menyebabkan genangan air dan membentuk danau, disebutkan Yeri, kini hanya tersisa satu mata air induk yang masih mengeluarkan air.

Dia juga mengatakan, kemunculan danau tersebut akibat kelebihan air bawah tanah yang mengakibatkan munculnya mata air baru.

"Tapi dia bukan tiap tahun, dia 10-15 tahun terjadi begini kalau dia penuh akan tumpah ke daerah ini. Sekarang sudah tidak ada lagi, aliran air ikut got saja," tambahnya.

Dengan kondisi ini, menurutnya, petani sayur dapat melakukan aktifitasnya kembali untuk bercocok tanam. Pasalnya sejak digenangi air, para petani yang selama ini menggantungkan hidup dengan menanam sayuran di lokasi tersebut, harus beralih profesi sementara waktu.

Baca juga: Pelaku Penembakan dan Penganiayaan Warga di Kelurahan Naibonat Dibekuk Polisi

Baca juga: Nagekeo Tambah Dua Kasus yang Terkonfirmasi Positif Covid-19

Disaksikan POS-KUPANG.COM, meski dalam kondisi kering, danau yang hanya menyisahkan sedikit genangan air ini tetap di kunjungi oleh warga yang ingin berswa foto.

"Ia Kaka, datang hanya mau lihat-lihat saja. Baru pertama juga kesini. Saya pikir masih penuh airnya," kata Enty, salah seorang warga Fontein, kota Kupang.

Halaman
1234
Sumber: Pos Kupang
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved