Breaking News:

Ramadan 2021

Pelaksanaan Sholat Idul Fitri 1442 Hijriah di Bajawa Dilaksanakan di Tiga Titik

Ketua Majelis Ulama Indonesia (MUI) Ngada, Haji Surachman Wiriyo Sumarto kepada Pos Kupang, Jumat 7 Mei 2021.

Penulis: Thomas Mbenu Nulangi | Editor: Rosalina Woso
POS-KUPANG.COM/GORDI DONOFAN
Ketua MUI Ngada, Haji Rahman 

Pelaksanaan Sholat Idul Fitri 1442 Hijriah di Bajawa Dilaksanakan di Tiga Titik

POS-KUPANG.COM | BAJAWA--Pelaksanaan sholat idul fitri 1442 hijriah bagi umat muslim di Kota Bajawa akan dilaksanakan di tiga titik. Ketiga titik itu yakni di Mapolres Ngada, Makodim 1625/Ngada, dan di Masjid Agung Al Ghurabah Baiturahman.

Hal tersebut disampaikan oleh Ketua Majelis Ulama Indonesia (MUI) Ngada, Haji Surachman Wiriyo Sumarto kepada Pos Kupang, Jumat 7 Mei 2021.

Haji Surachman mengatakan, penentuan pelaksanaan sholat ditiga titik tersebut sesuai dengan kesepakatan bersama antar para pihak yakni pemerintah daerah, unsur forkopimda, dan MUI Kabupaten Ngada.

Haji Surachman mengatakan, saat ini, umat Muslim Kabupaten Ngada berjumlah 1.500 orang.

Baca juga: Jelang Perayaan Idul Fitri, Pelabuhan Ferry Aimere di Kabupaten Ngada Sepi

Namun karena adanya pandemi covid-19 yang masih belum redah dan juga wilayah Kabupaten Ngada masuk dalam kategori zona merah akhirnya pelaksanaan sholat idul fitri dilaksanakan di tiga titik.

Wagub NTT Josef Adrianus Nae Soi saat Groundbreaking Rusun Seminari Mataloko di Kabupaten Ngada, NTT, Kamis 6 April 2021.
Wagub NTT Josef Adrianus Nae Soi saat Groundbreaking Rusun Seminari Mataloko di Kabupaten Ngada, NTT, Kamis 6 April 2021. (POS KUPANG.COM/ISTIMEWA)

"Jadi untuk menyekat umat mulim yang begitu banyak, akhirnya tadi sudah sepakat bahwa pelaksanaan sholat idul fitri dilakukan ditiga titik yakni di Makodim, Mapolres, dan di Masjid Agung Al Ghurabah," jelasnya.

Haji Surachman mengatakan, apabila nantinya di Masjid Agung Al Ghurabah masih banyak umat yang tidak tertampung, pemerintah telah mengizinkan untuk melaksanakan sholat idul fitri di halaman maupun di jalan yang berada di kanan dan kiri masjid tersebut.

Ketua MUI Ngada, Haji Surachman Wiriyo Sumarto foto bersama dengan Bupati Ngada Andreas Paru dan unsur forkopimda di ruang rapat Bupati Ngada, Jumat (7/5/2021). 
Ketua MUI Ngada, Haji Surachman Wiriyo Sumarto foto bersama dengan Bupati Ngada Andreas Paru dan unsur forkopimda di ruang rapat Bupati Ngada, Jumat (7/5/2021).  (POS-KUPANG.COM/TOMMY MBENU NULANGI/)

Haji Surachman menjelaskan, pelaksanaan sholat idul fitri pada 1441 hijriah dilaksanakan di rumah masing-masing. Namun pada tahun ini dilakukan di tiga titik yang sudah disepakati bersama.

Baca juga: Polres Kabupaten Ngada Gelar Pelatihan Binmas Online Versi 2 Bagi Para Bhabinkamtibmas

"Sementara untuk di kecamatan dilakukan di masjid masing-masing untuk menghindari kerumunan. Dan untuk malam takbiran keliling juga ditiadakan," terangnya.

Haji Surachman menghimbau kepada seluruh bulat muslim di Kabupaten Ngada untuk mentaati protokol kesehatan covid-19 ketika nantinya melaksanakan sholat idul fitri seperti memakai masker dan mencuci tangan. (Laporan Reporter POS-KUPANG.COM, Tommy Mbenu Nulangi)

Sumber: Pos Kupang
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved