Breaking News:

Renungan Harian Katolik

Renungan Harian Katolik, Kamis 6 Mei 2021: BUKA PINTU HATI

Seperti Bapa telah mengasihi Aku, demikianlah juga Aku telah mengasihi kamu; tinggallah di dalam kasih-Ku itu.

Editor: Agustinus Sape
Foto Pribadi
Pater Steph Tupeng Witin SVD 

Renungan Harian Katolik, Kamis 6 Mei 2021: BUKA PINTU HATI (Yohanes 15:9-11)

Oleh: Pater Steph Tupeng Witin SVD

POS-KUPANG.COM - Kita berjumpa lagi dengan kata kunci "tinggal dalam" atau "berada di dalam" atau "menempati, berdiam", yang terdapat dalam perkataan Yesus berikut: "Seperti Bapa telah mengasihi Aku, demikianlah juga Aku telah mengasihi kamu; tinggallah di dalam kasih-Ku itu. Jikalau kamu menuruti perintah-Ku, kamu akan tinggal di dalam kasih-Ku, seperti Aku menuruti perintah Bapa-Ku dan tinggal di dalam kasih-Nya" (Yoh 15:9-10).

Ketika kita bertemu seseorang, terkadang kita bertanya di mana ia tinggal. Tinggal atau berdiam merujuk ke rumah yang menjadi tempat tinggal. Biasanya orang akan merasa nyaman, tenang, kerasan, bila telah tinggal di rumahnya sendiri. Tak heran siapa pun berusaha untuk membangun rumah tinggalnya. Bila tak punya rumah, maka ia menyewa, kost atau meminta tolong untuk menginap di rumah orang.

Tinggal atau berdiam di dalam Yesus berarti membuat rumah kita di dalam Dia dan memperkenankan Yesus membuat rumah-Nya dalam diri kita. Kita merasa kerasan bersama Dia dan dalam Dia. Rumah itu adalah tempat yang damai satu bagi yang lain, tempat hadir satu bagi yang lain. Rumah itu adalah tempat untuk saling tinggal dan saling bersahabat.

Dengan menghayati tinggal satu bagi yang lain, dan itulah kasih dan persahabatan, akan tercipta damai dan sukacita. Dengan itu kita bisa menghasilkan buah. Karena damai dan sukacita merupakan sumber hidup dan kreativitas. Dalam damai ada ketenangan dan kesukacitaan yang memungkinkan kita melahirkan banyak kreativitas dan inovasi untuk hidup yang lebih bermakna.

Yesus menantikan dengan sabar agar kita membuka pintu hati agar Ia bisa masuk dan tinggal di dalamnya. Sering kita berseru kepada Tuhan agar Ia datang membantu kita dan banyak orang lain. Tapi kita semestinya sadar bahwa "Bukan kita yang membutuhkan Tuhan, melainkan Tuhan yang membutuhkan kita". Itulah sebabnya Ia senantiasa berseru, "Seperti Bapa telah mengasihi Aku, demikianlah juga Aku telah mengasihi kamu; tinggallah di dalam kasih-Ku itu" (Yoh 15:9). *

Simak juga video renungan harian katolik berikut:

Baca artikel-artikel renungan harian katolik lainnya DI SIINI

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved